SS TODAY

Pagi Ini, TNI akan Kirim Bantuan Pasukan dan Bantuan Makanan ke Palu

Laporan Muchlis Fadjarudin | Sabtu, 29 September 2018 | 07:11 WIB
Marsekal Hadi Tjahjanto Panglima TNI. Foto: Faiz suarasurabaya.net.
suarasurabaya.net - Marsekal Hadi Tjahjanto Panglima TNI menjelaskan telah menyiapkan timnya untuk diberangkatkan ke Palu untuk membantu korban gempa di Donggala.

Menurut Hadi, Tim TNI akan berkoordinasi dengan wilayah yang kemungkinan tidak terjangkau, sehingga dengan menggunakan stasiun bumi kecil atau telepon satelit bisa berkomunikasi dan bisa menerima informasi apa yang diperlukan di wilayah-wilayah yang tidak terjangkau itu.

Kata Hadi, Tim dari TNI, termasuk tim kesehatan akan segera diberangkatkan dari Jakarta dan Malang, Jawa Timur.

"Dari Halim kita berangkatkan dua tim kesehatan setingkat kompi plus dari Kostrad dan Marinir. Kemudian dari Malang juga akan diberangkatkan Satgas juga satu kompi plus, termasuk tenda lapangan," ujar Panglima TNI dalam jumpa pers di Halim Perdana Kusumah, Jakarta, Sabtu (29/9/2018).

Menurut Hadi, Tim TNI dikirim tujuannya adalah untuk membantu membuka posko dan lainnya. Selain itu juga akan membantu pendistribusian bantuan makanan.

"Kemudian berikutnya adalah bagaimana untuk pendistribusian bantuan-bantuan berupa makanan, hari ini juga Halim sudah menerima dan akan dikirim kesana," kata Panglima.

Hadi juga sudah mendapat informasi bahwa Mensos juga akan mengirim makanan cepat saji. Makan-makanan tersebut sudah berada di gudang TNI di Halim untuk segera dikirim hari ini.

"Tadi malam Mensos juga sudah menyampaikan informasi bahwa akan mengirim makanan cepat saji yang hari ini juga sudah dikirim ke gudang dan segera kita kirim apabila kesiapan pesawat ada. Artinya menunggu yang sudah pulang dari wilayah untuk kembali ke Halim dan kita gunakan untuk mengirim bahan makanan tersebut kesana," jelasnya.

Dia menjelaskan, kekuatan TNI itu terpusat dan Wilayah, sehingga, sejak mulai dari terjadinya gempa sampai dengan tadi pagi pasukan kewilayahan seperti Korem dan badan kesehatan di sana membantu sesuai dengan peralatan yang ada.

"Pagi hari ini akan kita kirim kekuatan untuk menambah apa apa peralatan yang mereka belum miliki karena komunikasi terputus saya berkoordinasi juga agak terbatas namun saya yakin prajurit TNI maupun Polri di sana sudah mampu untuk membantu, asal mereka tidak menjadi korban. Saya yakin ada yang sudah kontak dengan saya kalau mereka membantu di lapangan," pungkasnya.(faz/bid)
Editor: Zumrotul Abidin



LAINNYA