SS TODAY

Bantuan Logistik Senilai Rp4,5 M akan Sampai di Sulteng Siang Ini

Laporan Agustina Suminar | Sabtu, 29 September 2018 | 07:35 WIB
Seorang anak melintas di depan rumah yang roboh akibat gempa di Donggala, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9/2018). Foto: Antara
suarasurabaya.net - Pasca terjadinya gempa bumi hingga 7,7 SR sekitar pukul 17.00 WIB di Timur Laut Donggala, Sulawesi Tengah, bantuan terus diberikan pemerintah kepada para korban. Bantuan yang diberikan didapat dari gudang logistik yang ada di Makassar dan Bekasi senilai 4,5 miliar dan empat kontainer.

"Untuk akses ke sana, sebenarnya kita punya gudang logistik di Makassar. Jadi nanti kebutuhan logistik seperti tenda, selimut, family kid dan lain-lain akan dipasok dari situ," kata Harry Hikmat Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial kepada Radio Suara Surabaya, Sabtu (29/10/2018).

Menurutnya, distribusi bantuan dari gudang Makassar ke Donggala akan disalurkan melalui jalur darat yang berjarak sekitar 10 kilometer. Ia berharap, siang ini bantuan telah sampai dan sudah didirikan posko untuk para korban.

Selain itu, bantuan juga diberikan dari gudang Bekasi.

"Barang bantuan juga dari gudang Bekasi. Jika ditotal bantuan dari gudang Makassar dan Bekasi senilai 4,5 miliar (rupiah, red), masih akan ditambah juga delapan kontainer," imbuhnya.

Harry menambahkan, dalam penyaluran bantuan, pemerintah fokus untuk penanganan darurat dengan menggerakkan tim ke Palu dan Donggala berkoordinasi dengan pemerintah daerah. Begitu juga dengan pemerintah provinsi penyangga yang juga memberikan bantuan.

Hingga saat ini, belum diketahui pasti jumlah korban gempa di daerah tersebut. Namun yang pasti, tiga korban ditemukan di Donggala dalam peristiwa gempa kali ini.

Selain itu, pemerintah juga akan memberikan trauma healing untuk para korban selamat.(tin/bid)
Editor: Zumrotul Abidin



LAINNYA