SS TODAY

Data Sementara Korban Meninggal Gempa Palu 48 Orang

Laporan Muchlis Fadjarudin | Sabtu, 29 September 2018 | 11:43 WIB
Sutopo Purwo Nugroho Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB di kantor BNPB jalan Pramuka, Jakarta Timur, Sabtu (29/9/2018). Foto: Faiz suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Sutopo Purwo Nugroho Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB mengatakan, data sementara korban meninggal dunia akibat gempa di Palu, Sulawesi Tengah sebanyak 48 orang. Sedang yang luka-luka sebanyak 356 orang.

"Dua orang meninggal di rumah sakit Woodward Palu, RS Budi Agung 10 orang meninggal, RS Samaritan Palu 6 orang meninggal dunia, dan RS Undata Palu 30 orang meninggal. Total meninggal data sementara 48 orang," ujar Sutopo di kantor BNPB jalan Pramuka, Jakarta Timur, Sabtu (29/9/2018).

Ke 48 korban meninggal ini merupakan korban hanya di Kota Palu, belum tempat lainnya. Kata Sutopo, korban tersebut berada di rumah sakit, dan meninggal akibat gempa, bukan tsunami. Menurut Sutopo, jumlah korban meninggal akibat gempa kemungkinan bisa bertambah.

Sementara untuk korban meninggal akibat tsunami, kata dia, sedang didata. Yang yang jelas di pantai-pantai sudah ditemukan korban meninggal, tetapi saat ini sedang didata.

"Sedang yang tsunami kami mendapatkan laporan banyak. Ditemukan di pantai-pantai. Jumlahnya masih dalam pendataan," kata Sutopo

Sutopo menjelaskan, korban luka maupun meninggal saat ini berada diluar rumah sakit. Ini dilakukan untuk mengantisipasi gempa susulan, disamping rumah sakitnya sendiri juga rusak.

Untuk bangunan-banguna yang rusak, kata dia, jumlahnya ribuan. Menurut Sutopo, data-data tersebut merupakan korban yang ada di Palu saja, sedang di Donggala dan lainnya BNPB belum memperoleh datanya karena terkendala komunikasi juga.(faz/tin/bid)
Editor: Zumrotul Abidin



LAINNYA