SS TODAY

Polisi: Situasi dan Kondisi Kota Palu Mulai Kondusif

Laporan Ika Suryani Syarief | Rabu, 03 Oktober 2018 | 12:32 WIB
Pengiriman bahan bakar minyak oleh Pertamina di Kota Palu, Rabu (3/10/2018) pagi mendapat pengawalan aparat. Foto: Lulut Prastyo untuk suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Kombes Pol Almas W Kolopaking Kepala Biro Operasi (Karo Ops) Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah, pada Rabu (3/10/2018) pagi menyatakan, situasi dan kondisi Kota Palu sudah mulai kondusif.

"Kami bisa mendistribusikan bantuan dengan lebih mudah. Listrik 80 persen sudah pulih, SPBU sudah beroperasi dan kami kawal pelayanannya," ujarnya melalui sambungan telepon dengan Radio Suara Surabaya.

Sementara, melalui Twitter Perhubungan Udara @djpu151, otoritas pengelola Bandara SIS Al Jufri Palu mengabarkan bahwa situasi bandara juga sudah ramai dan berangsur membaik. Para penumpang antre di selasar terminal, menunggu dipanggil satu persatu oleh petugas maskapai dengan dipantau personel aviation security.

Terkait isu penjarahan, Kombes Pol Almas meminta warga tidak usah khawatir. Polisi sudah menangkap 47 orang pelaku penjarah barang-barang elektronik atau barang-barang yang tidak ada hubungannya dengan barang kebutuhan pokok.

"Polri dan TNI sudah menjaga objek-objek vital, termasuk toko-toko. Kemarin kami juga menangkap lima pelaku penjarahan mobil kontainer yang mengangkut ban. Pelakunya ada yang dari luar. Ini komplotan," kata dia.

Sementara, Dr Otto Yudianto SH Dekan Fakultas Hukum Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya menjelaskan, menjarah barang yang tidak ada kaitannya dengan kebutuhan darurat, misalnya barang elektronik, masuk kategori kejahatan. Ancaman hukumannya sampai dengan pemberatan bisa 7 tahun.(iss/ipg)
Editor: Iping Supingah



LAINNYA