SS TODAY

Total 350 Pengungsi Palu dan Donggala Sudah Tiba di Bandara Juanda

Laporan Dwi Yuli Handayani | Kamis, 04 Oktober 2018 | 09:43 WIB
Ratusan pengungsi tampak kelelahan begitu tiba di Bandara Juanda Surabaya di Sidoarjo, Rabu (3/10/2018). Foto: Istimewa
suarasurabaya.net - Kloter 2 pengungsi gempa dan tsunami Palu dan Donggala akan mendarat di Bandara Internasional Juanda, Kamis (4/10/2018). Jumlah 1 kloter sebanyak 175 orang.

"Semalam mendarat 1 kloter dan hari ini 1 kloter. Jadi total ada 350 an pengungsi dari Palu yang mendarat di Bandara Juanda," kata Letkol Arm. Aprianko Suseno Kasrem 084 Bhaskara Jaya.

Sementara ini, kata dia, didata siapa yang langsung pulang atau dijemput keluarganya. Bagi pengungsi yang tidak punya uang akan ditampung sementara di Bhaskara Jaya dan Batalyon terdekat sekitar Bandara Juanda kemudian baru diantar pulang.

Untuk kloter pengungsi Palu yang datang pagi ini, kata dia, bervariasi dan ada anak-anak sekitar 25 persen.

"Pendampingan tidak ada karena kan mereka datang ke Jatim ini ingin ketemu keluarganya. Kemarin sudah tanya kenapa mereka pulang? Mereka cerita di Donggala dan Palu hampir tiap hari gempa. Memang kalau situasi aman mereka akan kembali. Sebagian besar warga asli Pulau Palu dan Donggala tapi punya kerabat di Jatim," ujarnya.

Kesiapan untuk evakuasi pengungsi yang datang, tambah dia, sudah disiapkan beberapa truk dari Kodam, Kodim, Korem dan TNI. (dwi/ipg)
Editor: Iping Supingah



LAINNYA