SS TODAY

Wiranto: Tanggap Darurat Diupayakan Tidak Sampai Dua Minggu

Laporan Denza Perdana | Kamis, 04 Oktober 2018 | 18:41 WIB
Wiranto Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan tiba di Pos Komando Satgas Gabungan di Korem 132 Tadulako, Sulawesi Tengah. Foto: Denza suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Wiranto Menteri Koordinator Politik Hukum dan HAM (Menkopolhukam) sekaligus Koordinator Penanganan Bencana Sulteng mengatakan pemerintah sedang berupaya agar masa tanggap darurat bencana di sulawesi tengah tidak sampai dua minggu.

Dia mengatakan hal ini setelah berkoordinasi dengan petugas lapangan dan Komando Satgas di Palu dan sekitarnya untuk mensinkronkan strategi penanganan bencana.

Rapat ini berlangsung di Markas Korem 132 Tadulako yang menjadi Pos Komando Satgas Gabungan Terpadu di Palu Barat, Sulawesi Tengah.

Berbagai upaya dilakukan terutama untuk mengembalikan aktivitas ekonomi di kota Palu. Meski berbagai kendala seperti kesediaan BBM dan Listrik yang menghambat penanganan.

"Perlu strategi khusus. Ini kan masih enam hari, tanggap darurat sesuai Undang-undang 2 minggu. Kami upayakan tidak sampai dua Minggu," ujarnya.

Menurutnya, ada yang memperkirakan tanggap darurat ini mencapai 1 bulan sebelum memasuki masa rehabilitasi dan rekonstruksi. Tapi dia tetap mengupayakan agar hal itu tidak terjadi.

Ada beberapa hal yang dia minta segera dilaksanakan oleh satgas di lapangan setelah rapat koordinasi yang selesai siang ini. Salah satunya, tentang pengiriman logistik yang akan diprioritaskan untuk lokasi pengungsian dengan jumlah pengungsi ribuan orang.

Ada enam lokasi pengungsian di Palu dan tiga lokasi di Donggala yang menampung ribuan orang dan akan menjadi prioritas logistik. Di daerah terpencil seperti di empat kecamatan di Sigi, dia meminta agar logistik dikirim dengan helikopter. Ada empat helikopter dari TNI, dua milik BNPB, dan satu milik Basarnas yang akan dikerahkan ke daerah itu.

Sebelumnya Jusuf Kalla Wakil Presiden sekaligus Pemimpin Penanggulangan Bencana Sulteng memperkirakan masa Tanggap Darurat bisa mencapai dua bulan.

Hal Ini mengingat bencana tsunami Aceh 2004 silam yang mana saat itu masa tanggap darurat mencapai enam bulan. Memang sudah ditetapkan masa tanggap darurat di Sulteng hanya selama dua minggu, tapi menurut JK itu bisa saja diperpanjang. (den/dim/rst)
Editor: Restu Indah



LAINNYA