SS TODAY

Misa Malam Natal di Katedral Jakarta Berlangsung Khidmat

Laporan Farid Kusuma | Senin, 24 Desember 2018 | 19:27 WIB
Jemaat Katolik dengan khidmat mengikuti prosesi Misa Malam Natal di Gereja Katedral Jakarta, Senin (24/12/2018). Foto: Farid suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Misa Malam Natal sesi pertama di Gereja Katedral Jakarta yang dimulai sekitar pukul 17.00 WIB sampai sekitar pukul 18.30 WIB, berlangsung dengan aman dan tertib.

Sekitar 5 ribu jemaat Katolik yang memadati ruang dalam Gereja Katedral dan sebagian besar di halaman depan, berkhidmat mengikuti Misa Malam Natal yang dipimpin Romo Albertus Hani Rudi Hartoko.

Di awal prosesi, Romo Albertus memanjatkan doa untuk para korban dan keluarga yang beberapa hari lalu, Sabtu (22/12/2018), tertimpa musibah tsunami di daerah Kabupaten Pandenglang, Serang, dan Lampung Selatan.


Jemaat khidmat mengikuti prosesi Misa Malam Natal di Gereja Katedral Jakarta. Foto: Farid suarasurabaya.net

Sebelum Misa Malam Natal sesi pertama berlangsung, Anies Baswedan Gubernur DKI Jakarta menyempatkan diri ke Katedral Jakarta, bersama beberapa orang perwakilan tokoh agama.

Kedatangan Anies disambut Monsignor Ignatius Suharyo Uskup Agung Jakarta beserta jajaran pimpinan Keuskupan Agung Jakarta.

Dalam sambutannya, Gubernur Jakarta mengucapkan terima kasih pada seluruh jemaat dan masyarakat yang menjaga menumbuhkan suasana damai, menjelang perayaan Misa Natal.

Anies juga berpesan supaya jemaat Katedral Jakarta dan seluruh umat Kristiani yang merayakan Natal, bisa hidup dalam kesederhanaan.

Menurut Gubernur DKI Jakarta, hidup dalam kesederhanaan adalah sesuatu yang mewah di Jakarta.

Berdasarkan jadwal, Misa Malam Natal sesi kedua di Gereja Katedral Jakarta berlangsung pukul 20.00 WIB, lalu dilanjutkan sesi terakhir pukul 22.00 WIB.

Pantauan di lokasi, situasi dan kondisi terkendali, tidak ada gangguan keamanan, arus lalu lintas di sekitar Katedral Jakarta juga ramai lancar.

Selain Personel Polri dan TNI, terlihat juga beberapa Anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) organisasi sayap Nahdlatul Ulama yang ikut membantu menjaga keamanan dan ketertiban. (rid/dim/ipg)
Editor: Iping Supingah