SS TODAY

Intip Bagaimana Berbagai Negara Ini Merayakan Tahun Baru

Laporan Iping Supingah | Senin, 31 Desember 2018 | 14:52 WIB
Kembang api. Foto: Unsplash
suarasurabaya.net - Tahun baru menjadi salah satu momen spesial bagi banyak orang. Di berbagai belahan dunia orang-orang merayakannya dengan berbagai cara. Ada yang lebih suka berkumpul dengan keluarga di rumah, garden party dan berbeku, ataupun pesta kembang api.

Lain negara, lain budaya, lain juga ceritanya ketika merayakan momen pergantian tahun. Begini euforia perayaan tahun baru di berbagai negara:

Rusia

Berbeda dengan negara lain, warga Rusia dalam merayakan tahun baru dengan menuliskan keinginan dan resolusinya di tahun mendatang.

Kertas tersebut kemudian dibakar hingga menjadi abu. Abu resolusi kemudian mereka tempatkan di gelas ataupun botol anggur. Mereka percaya resolusi dan keinginan tersebut akan terwujud dengan mereka meminumnya.

Australia

Sydney Australia menjadi salah satu negara yang paling banyak dikunjungi dan paling dinantikan perayaan tahun barunya. Di malam pergantian tahun di Sydney langit akan berubah terang karena dihiasi ribuan kembang api.

Tak sedikit wisatawan yang datang khusus untuk menyaksikan detik-detik pergantian tahun di Sydney.

Indonesia

Saking luas dan saking beragamnya Indonesia, tahun baru di Tanah Air dirayakan dengan berbagai cara, salah satu yang paling umum dilakukan yakni pesta barbeku, atau bakar-bakar.

Menjadi hal umum di Indonesia ketika malam tahun baru dirayakan dengan berkumpul bersama keluarga dan melakukan ritual barbeku atau bakar-bakar. Yang dibakar pun variatif, bisa daging, sosis, maupun jagung.

Amerika

Bergeser dari tanah air, di Las Vegas Amerika Serikat umumnya pergantian tahun juga dilakukan dengan pesta tahun baru.

Sebagai kota hiburan, tak heran jika di Las Vegas menjadi satu destinasi perayaan tahun baru termegah. Pesta kembang api, konser, pesta dansa, hingga kasino, semuanya ada di kota hiburan tersebut. (dim/ipg)
Editor: Iping Supingah