SS TODAY

Lima Daerah di Jatim Darurat Kekeringan

Laporan Fatkhurohman Taufik | Kamis, 05 September 2013 | 14:18 WIB
suarasurabaya.net - Sebanyak lima daerah di Jawa Timur mulai mengalami bencana kekeringan. Berdasar data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur, lima daerah itu adalah Bangkalan, Ngawi, Ponorogo, Trenggalek serta Tuban.

"Selain lima daerah, saya perkirakan kekeringan tahun ini sama dengan tahun lalu akan terjadi di 23 daerah," kata Sudarmawan, Kepala BPBD Jawa Timur, Kamis (5/9/2013).

Dari lima daerah yang sudah mengalami kekeringan, satu daerah yaitu Ngawi memasuki fase darurat kekeringan atau kering kritis. Sedangkan daerah lainnya yaitu Bangkalan, Ponorogo, Trenggalek dan Tuban menuju darurat kekeringan.

Menurut Sudharmawan, kekeringan terbagi dalam tiga kategori yaitu kering langka terbatas yakni jika jarak sumber air sekitar 100-500 meter. Selain itu juga kering langka jika jarak sumber mata air 500-3.000 meter. Dan terakhir adalah kering kritis jika jarak sumber mata air sudah di atas 3.000 meter.

Data yang diperoleh BPBD, selain lima daerah ini, 18 daerah lainnya diperkirakan juga akan mengalami kekeringan yaitu Sampang, Pamekasan, Sumenep, Lamongan, Bojonegoro, Tulungagung, Pasuruan, Probolinggo, Situbodo, Bondowoso, Blitar, Pacitan, Magetan, Jombang serta Mojokerto.

"Kita masih menunggu perkembangan di lapangan," kata dia. BPBD juga telah minta Dinas PU Cipta Karya segera membuat beberapa sumur bor di daerah yang mengalami kekeringan. (fik/ipg)

Teks Foto:
- Ilustrasi
Editor: Iping Supingah