SS TODAY

Cuaca Panas Kering Perbanyak Asupan Cairan

Laporan J. Totok Sumarno | Rabu, 25 September 2013 | 12:54 WIB
suarasurabaya.net - Suhu udara yang panas dan kering di Kota Surabaya sejak beberapa waktu lalu, patut diwaspadai oleh masyarakat dan diantisipasi dengan memperbanyak asupan cairan ke dalam tubuh.

Terutama pada anak-anak, asupan cairan dalam berbagai bentuk memang harus tetap diupayakan terjaga jumlahnya dan bila perlu jumlahnya diperbanyak.

“Asupan cairan itu bisa bermacam-macam bentuk dan jenisnya. Untuk balita, susu adalah cairan yang sangat dibutuhkan tubuh. Oleh karena itu jumlahnya harus tetap dijaga,” ujar dr. Yosef Susanto dokter anak di Rumah Sakit Adi Husada Kapasari, Surabaya.

Ditemui suarasurabaya.netdi ruang kerjanya, Rabu (25/9/2013) dr. Yosef menambahkan, bahwa untuk menjaga stamina serta kondisi tubuh agar tidak mudah terserang penyakit saat musim panas dan kering, kebutuhan asupan cairan memang tinggi.

“Bila perlu jumlahnya memang harus ditambah. Kalau sudah terpenuhi perlu dijaga agar tubuh tidak mengalami kekuragan cairan. Karena panas dan kering seperti saat ini sangat menyerap cairan tubuh,” lanjut dr. Yosef.

Sementara itu ditegaskan dr. Sri Setyani Kepala Bidang Layanan Kesehatan (Kabid Yankes) Dinas Kesehatan Surabaya, mengantisipasi musim panas seperti saat ini, balita dan anak-anak memang perlu mendapat asupan cairan yang lebih banyak.

“Ini berkaitan dengan kondisi tubuh saat musim panas yang cenderung banyak menyerap cairan. Sehingga ketersediaan cairan perlu terus ditambah agar tidak berkurang secara drastis,” papar dr. Sri Setyani.

Jika anak masih dalam proses menyusui, lanjut dr. Sri, maka orang tua harus dapat memberikan kebutuhan susunya, dan tidak perlu ditambahkan dengan cairan lain.

“Susu termasuk asupan cairan yang dibutuhkan anak-anak dan balita, dan jumlahnya harus terpenuhi, agar kondisi tubuhnya tetap terjaga dan tidak terganggu cuaca panas,” pungkas dr. Sri Setyani pada suarasurabaya.net, Rabu (25/9/2013).(tok/ipg)

Teks Foto:
- Ilustrasi
Editor: Iping Supingah