SS TODAY

Puluhan Polisi Amankan Misa di Gereja Santa Maria Tak Bercela

Laporan Denza Perdana | Sabtu, 24 Desember 2016 | 16:40 WIB
Polisi berjaga di Gereja Santa Maria Tak Bercela, Sabtu (24/12/2016). Foto: Denza Perdana suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Petugas kepolisian telah melakukan sterilisasi di beberapa gereja di Surabaya, Sabtu (24/12/2016). Salah satunya di Gereja Santa Maria Tak Bercela, Jalan Ngagel Madya, sekitar pukul 14.30 WIB.

AKP Rusno Basuki Kepala Pos Taktis Polsek Gubeng mengatakan, sterilisasi ini sebagai antisipasi keamanan umat kristiani yang akan mengikuti misa Natal.

"Karenanya penting bagi tim Jibom Brimob (Polda Jatim) untuk melakukan antisipasi, dengan melidik lingkungan sekitar gereja. Waktu sterilisasi, kami memang meminta agar seluruh gereja steril dari umat, kecuali para pengurus gereja," ujarnya kepada suarasurabaya.net.

Setelah sterilisasi, Polsek Gubeng akan tetap berjaga di lokasi hingga pelaksanaan misa Natal selesai. Ada sebanyak 35 personel Polsek Gubeng yang bersiaga, terbagi dalam beberapa shift.

Para petugas polisi yang berjaga di dua pintu masuk gereja, menurut Rusno, telah dibekali alat hand detector. "Setiap umat yang datang, terutama yang membawa tas, akan kami periksa dengan alat ini," katanya.

Selain polisi, ada 10 petugas keamanan gereja yang secara reguler berjaga di lokasi. Juga ada 10 anggota pramuka yang akan menjadi relawan keamanan selama misa Natal di gereja tersebut.

Perlu diketahui, gereja Santa Maria Tak Bercela berkapasitas untuk 5 ribu umat. Tampak di lokasi, panitia sudah menyiapkan kursi tambahan serta tenda di halaman depan gereja.

Larry Wijaya satu di antara Koordinator Penyambut Umat Misa Natal di Gereja Santa Maria Tak Bercela menyebutkan, misa akan berlangsung dua sesi.

"Misa pertama nanti mulai jam enam, misa kedua pukul sembilan malam," ujarnya.

Beberapa umat yang akan mengikuti misa, sejak pukul 15.00 WIB tampak sudah mulai berdatangan. Misa Natal di gereja ini diperkirakan selesai kurang lebih pukul 22.30 WIB.

Tim Jibom Brimob Polda Jatim, hari ini telah melakukan sterilisasi di 12 gereja lain di Surabaya. Di Wilayah Polsek Gubeng, selain Santa Maria Tak Bercela, Jibom juga menyisir Gereja Kristen Indonesia (GKI) Jalan Ngagel Jaya Utara.

Selain Jibom Brimob Polda, sterilisasi gereja hari ini juga dilakukan oleh Tim K-9 anjing pelacak Polrestabes Surabaya.

Rencananya, Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya, bersama Forum Pimpinan Daerah nanti sore akan melakukan peninjauan kondisi keamanan di beberapa gereja. Salah satunya di Gereja Santa Maria Tak Bercela.(den)
Editor: Fatkhurohman Taufik