SS TODAY

Sterilisasi Gereja Katedral Jakarta Terus Dilakukan Pada Natal Hari Ini

Laporan Muchlis Fadjarudin | Minggu, 25 Desember 2016 | 08:28 WIB
Kombes Polisi Dwiyono Kapolres Jakarta Pusat saat melakukan pengecekan keamanan di gereja Katedral, Jakarta Pusat, Minggu pagi (25/12/2016). Foto: Faiz suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Gereja Katedral Jakarta Pusat, Minggu (25/12/2016) hari ini melaksanakan Misa sebanyak 5 kali, masing-masing pada pukul 06.00, 07.30, 09.00, 11.00, dan terakhir 18.00 WIB.

Kombes Polisi Dwiyono Kapolres Jakarta Pusat mengatakan pengamanan di gereja Katedral dilakukan Polres Jakarta Pusat, Kodim, pemerintah kota dan swakarsa.

"Saat ini Polres Metro Jakarta Pusat kemudian di back up Kodim Jakarta Pusat kemudian dari pemerintahan kota maupun pengamanan swakarsa, pagi ini siap melakukan pengamanan," ujar Dwiyono saat melakukan pengecekan keamanan di gereja Katedral, Jakarta Pusat, Minggu pagi (25/12/2016).

Menurut dia, sterilisasi sudah dimulai sejak pukul 05.00 WIB sebelum Misa pertama dimulai. Sterilisasi juga melibatkan K9 (anjing pelacak).

"Di gereja Katedral ini mulai jam 05.00 WIB, kita sudah melakukan sterilisasi protap pengamanan. Diawali dengan sterilisasi dari tim gegana, pengecekan dengan K9, kemudian kita melakukan sterilisasi orang-orang yang masuk di lingkungan gereja.," kata dia.

Dari tadi malam sampai pagi ini, kata Dwiyono, keamanan di gereja Katedral dan wilayah Jakarta Pusat terjaga. Ini karena bentuk kerja keras aparat keamanan dan toleransi yang dijunjung tinggi masyarakat Jakarta.

"Alhamdulillah, dari tadi malam sampai pagi ini, untuk wilayah Jakarta Pusat masih dalam keadaan aman dan kondusif. Sekali lagi, ini karena kerja keras kita semua dan toleransi antar umat beragama di wilayah kita cukup bagus," kata Dwiyono.

Dia berharap, untuk ke depan karena masih ada perayaan-perayaan Natal utamanya Misa, perayaannya bisa berjalan lancar, aman dan terkendali.

Untuk pengamanan operasi Lilin Jaya 2016 ini, menurut Dwiyono, khusus gereja Katedral pengamanan dilakukan116 personel. Namun demikian, pengamanan juga situasional karena seperti tadi malam, ada penambahan personel, termasuk pengamanan swakarsa, sehingga total mencapai 286 personel.

"Kita sudah protap kalau jumlah personil pengamanan di Katedral ini 116 personel dan saat ini kita rasa juga kondusif, Insya Allah dari 116 personil itu mampu memberikan rasa aman dan menjaga tetap aman di lingkungan Katedral ini," ujar Dwiyono.(faz/dwi)
Editor: Dwi Yuli Handayani