SS TODAY

Misa Malam Natal di Katedral Jakarta Tertib Aman dan Damai

Laporan Farid Kusuma | Minggu, 25 Desember 2016 | 08:45 WIB
Pintu barat Gereja Katedral Jakarta dibuka lebar menjelang Misa Malam Natal. Foto : Farid Kusuma suarasurabaya.net.
suarasurabaya.net - Seluruh rangkaian Misa Ekaristi atau Ibadah Malam Natal di Gereja Katedral Jakarta, berlangsung tertib, aman dan damai.

Mulai dari sesi pertama pukul 17.00 WIB, lalu dilanjutkan dengan sesi kedua pukul 19.30 WIB dan sesi terakhir pukul 22.00 WIB, ibadah Umat Katholik di sini begitu khidmat.

Sesudah melaksanakan doa Natal, dan pemberian komuni sekitar 5.000-an umat bergantian keluar gereja lewat tiga pintu khusus yang disiapkan.

Sesaat kemudian, peserta ibadah sesi terakhir yang jadwalnya mulai pukul 22.00 WIB langsung memasuki area gereja.

Sebelum Misa Malam Natal sesi terakhir dimulai, Katedral dikunjungi Tjahjo Kumolo Menteri Dalam Negeri, Sumarsono Plt Gubenur DKI, Jenderal Polisi Tito Karnavian Kapolri bersama Jenderal Gatot Nurmantyo Panglima TNI, beserta jajarannya.

Kedatangan rombongan ini disambut Monsignor Ignatius Suharyo Uskup Agung Jakarta, dan sejumlah Romo Paroki Katedral Jakarta.

"Pemerintah ingin memastikan setiap warga negara bisa beribadah dengan tenang sesuai agama yang dianutnya," kata Mendagri sesudah berdiskusi singkat dengan Uskup Agung Jakarta, Sabtu (24/12/2016) malam.

Rencananya, Gereja Katedral Jakarta menggelar lima sesi Misa Natal, yang akan dimulai pada Minggu (25/12/2016) pukul 06.00 WIB ini, kemudian dilanjutkan sesi kedua pukul 07.30 WIB pagi.

Misa Pontifikal yang dipimpin Monsignor Ignatius Suharyo Uskup Agung Jakarta, akan dimulai pukul 09.00 WIB. Kemudian disambung Misa pukul 11.00 WIB siang untuk anak-anak, dan misa terakhir pukul 18.00 WIB petang. (rid/bry/dwi)
Editor: Dwi Yuli Handayani