SS TODAY

Gubernur Jatim: Saya Penanggung Jawab Perbaikan Betoyo

Laporan Restu Indah | Jumat, 06 Januari 2017 | 08:08 WIB
Soekarwo Gubernur Jawa Timur saat memaparkan kondisi jalan di Jawa Timur di Radio Suara Surabaya, Jumat (6/1/2016). Foto : Iping suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Kerusakan jalan Betoyo yang akhir-akhir ini menyita perhatian publik, juga menjadi perhatian serius pemerintah provinsi Jawa Timur.

Jalan rusak sepanjang 5 KM yang terkenal dengan nama Jeglongan Sewu itu, kini sedang diperbaiki sementara menggunakan dana APBD Jawa Timur.

"Jalan ini milik negara, tapi pemprov akan menutup sementara untuk kepentingan publik. Saya penanggung jawabnya, sekalipun milik nasional pemprov diperbolehkan memperbaiki sementara dan nanti akan dilanjutkan dengan tender dari pusat," kata Soekarwo (Pakde Karwo) Gubernur Jawa Timur, Jumat (6/1/2017).

Berbincang dengan pendengar di Suara Surabaya, Pakde Karwo menegaskan perbaikan itu dimulai saat ini.

"Kalau tidak segera diperbaiki saya dorong truk-truk ke sana, ini diskresi policy harus kita prioritaskan," kata dia.

Gubernur Jawa Timur juga mengatakan akan segera berkoordinasi dengan Menteri PU untuk perbaikan jalan Betoyo yang berada di wilayah Gresik ini.

"Hari ini saya ke Pandaan, bertemu dengan Menteri PU, akan kita finalkan bagaimana nasip jalan Betoyo dan jalan-jalan nasional lainnya yang rusak," kata dia.

Dalam beberapa hari terakhir jalan Betoyo dikeluhkan publik, bahkan Selasa (3/1/2017) jalur ini sempat macet total karena rusak dan warga memasang pipa di tengah lajur sebagai bentuk protes. Kemacetan berjam-jam dirasakan tidak hanya warga yang menuju kantor tapi juga anak sekolah yang terpaksa jalan kaki.

Lewat jejaring sosial bahkan jalur ini disebut sebagai #jeglongansewu dan hancur seperti Bumbu Pecel begitu para netter menyebutnya. (rst)
Editor: Fatkhurohman Taufik