SS TODAY
Dampak Puting Beliung

Kubah Masjid Hilang, Diduga Sampai ke Desa Sebelah

Laporan Denza Perdana | Kamis, 23 November 2017 | 13:42 WIB
Bangunan masjid Darussalam, Tambak Rejo yang kubahnya hilang diterjang angin puting beliung. Foto: Denza suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Sebuah masjid di Jalan Hasan Bajuri, Desa Tambak Rejo, Waru, Sidoarjo terdampak angin puting beliung. Kubah Masjid Darussalam ini hilang, diduga terbawa angin sampai ke desa sebelah.

Dwijo Prawito Kepala BPBD Sidoarjo mengatakan, menurut informasi yang dia dapat dari warga, kubah masjid ini diduga terbawa puting beliung sampai ke Desa Tambak Sumur yang jaraknya ratusan meter dari lokasi masjid itu.

"Karena daya rusak angin itu besar sekali, kubah itu menurut keterangan warga terbawa sampai ke Tambak Sumur sana. Karena angin ini memang dari Selatan ke Utara," ujarnya kepada suarasurabaya.net, Kamis (22/11/2017).

Salah seorang warga Desa Tambak Rejo menyebutkan, kubah masjid itu sampai sekarang tidak ditemukan. Warga sempat mencari masjid itu sampai ke sebuah lahan kosong tempat hilangnya pusaran puting beliung.

"Kemungkinan sudah hancur. Karena kemarin sore itu anginnya kencang sekali. Pusarannya sangat kuat, sampai warga ada yang luka-luka kena pecahan bangunan rumah itu," katanya.

Pantauan di lokasi, bangunan masjid itu relatif utuh di bagian dalam, hanya rusak di beberapa bagian saja. Terutama di bagian atap bangunan masjid.

Tidak hanya bangunan masjid, bangunan sekolah Madrasah Ibtidaiyah (MI) Darul Ulum di seberang masjid ini juga terdampak di bagian samping paling utara, tapi tidak terlalu parah.

Sementara sebuah bangunan Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) di jalan yang sama hancur berantakan. Menurut keterangan salah seorang guru yang mengajar di TPQ itu, bangunan sudah tidak bisa digunakan.(den/ipg)
Editor: Iping Supingah