SS TODAY

Banjir di Rel KA Porong, Pemprov Jatim Siagakan Pompa Air dan Dapur Umum

Laporan Denza Perdana | Senin, 27 November 2017 | 12:31 WIB
suarasurabaya.net - ​Pemerintah Provinsi Jawa Timur gerak cepat mengatasi banjir di jalur utama kereta api di Porong, Kabupaten Sidoarjo dengan menyiagakan beberapa unit pompa air dan dapur umum.

Benny Sampirwanto Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Jatim mengatakan, pemerintah menyiagakan empat unit pompa air di Bojonegoro dan Lamongan dan menarik empat unit pompa air dari Pasuruan.

Upaya ini, kata Benny, dilakukan bersama melalui koordinasi lintas sektor SKPD di Pemprov Jatim. Baik Dinas Sosial, Dinas PU Pengairan, Bakesbangpol dan BPBD Jatim.

"Untuk penanganan banjir ini, Pemprov Jatim juga berkoordinasi dan bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) dan Pemkab Sidoarjo," ujarnya.

Sejauh ini, banjir di jalur KA utama penghubung Surabaya ke wilayah Timur dan ke arah Malang itu masih tergenang air dengan ketinggian lebih dari 10 sentimeter.

"Ada kecenderungan meningkat karena muka air pada saluran drainase sudah tinggi. Sekarang kereta api sudah stop dan tidak berani melewati kawasan Porong," katanya.​

Pemprov Jatim menyiagakan sejumlah staf di lokasi banjir. Sementara itu, koordinasi dengan PT KAI terus dilakukan terutama berkaitan biaya operasional penanganan banjir.

"Masalahnya bukan dari ketersediaan pompa, tapi persoalan teknis. Sungai Ketapang over capacity sehingga air balik lagi ke jalan," kata Benny.

Selain menyiagakan pompa air, Pemprov Jatim melalui Dinsos dan Tagana menyediakan dapur umum dengan kapasitas 2.000 bungkus sekali makan.

Petugas BPBD Sidoarjo turun ke lapangan melakukan pendekatan ke RT/RW untuk menenangkan dan menyosialisasikan upaya pemerintah kepada warga yang kebanjiran.(den/rst)
Editor: Restu Indah