SS TODAY

Tanggul Porong Ambrol? Itu Berita Palsu

Laporan Dwi Yuli Handayani | Senin, 27 November 2017 | 14:36 WIB
Kondisi Raya Porong yang tergenang banjir. Foto: Agus via e100
suarasurabaya.net - PPLS mengklarifikasi berita yang menyebutkan bahwa Tanggul Porong jebol sehingga Raya Porong macet. Pusat Pengendalian Lumpur Sidoarjo (PPLS) menegaskan bahwa berita itu tidak benar.

"Berita itu menyebar dan tidak benar. Genangan di Raya Porong berasal dari kiriman Sungai Porong dan Ketapang ditambah dengan curah hujan tinggi," kata Hengki Humas Pusat Pengendalian Lumpur Sidoarjo (PPLS) pada Radio Suara Surabaya.

Menurut Hengki, saat ini kondisi kekuatan tanggul masih aman dan terjaga. Tidak ada jebolan atau air yang keluar dari tanggul.

Bahkan sejak dua hari lalu saat curah hujan tinggi, PPLS sudah mengoperasikan sembilan unit pompa untuk menyedot air. Pompa tersebut diantaranya dipasang di entrance tol, exit tol, Kali Ketapang dan Tol Buntung. Selain itu ada dua unit pompa cadangan mengantisipasi jika ada air meluber ke selatan.

Sebelum musim penghujan, pihak PPLS sudah melakukan peninggian dan penguatan tanggul di sebelah barat mulai Siring sampai desa Besuki. "Insya Allah tanggul kami masih aman dan tidak ada yang jebol. Tidak ada air keluar sampai mengakibatkan banjir dan genangan," katanya.

Namun, kata dia, tanggul utara mendapat perhatian khusus karena tahun lalu pernah terjadi jebolan. Di titik 67 Kedung Bendo yang pernah jebol ini sudah dioptimalkan dengan peninggian hingga 11 meter.

"Sementara ini cukup aman kalau nanti ada hujan ekstrem mampu menampung curah hujan," ujarnya. (dwi/rst)
Editor: Restu Indah