SS TODAY

Banjir Porong Dialirkan ke Pond P.73

Laporan Restu Indah | Selasa, 28 November 2017 | 12:13 WIB
Genangan di Raya Porong sudah diarahkan ke Pond P.73. Foto : Hengki PPLS
suarasurabaya.net - Untuk mengurangi banjir di Raya Porong yang terjadi sejak Minggu (26/11/2017) sore, Pusat Pengendalian Lumpur Sidoarjo (PPLS) turut melakukan upaya penanganan banjir yang dilakukan Pemkab Sidoarjo.

"Kami menggunakan Pompa Booster di Entrance Tol Porong, 2 Unit dengan kapasitas rata - rata 280 liter/ menit, Exit Tol Porong sebanyak 1 unit dengan kapasitas rata - rata 300 liter / menit, titik 71 tanggul Ketapang sebanyak 3 unit dengan kapasitas rata - rata 280 liter / menit, dan pada titik tanggul 32 Mindi stand by sebanyak 2 unit pompa barata dengan kapasitas 300 dan 400 liter / detik, " kata Hengki Listria Adi Humas PPLS.

Upaya selanjutnya yang akan dilakukan oleh PPLS yaitu dengan mengalirkan genangan air menuju ke pond tampungan di P.73

"Tim kami di lapangan sedang melakukan setting outlet dengan menggunakan pompa yang berada di tanggul titik P.71 Ketapang dengan kapasitas 700 liter/detik, kemudian diteruskan ke Pond P.67," katanya.

Di Kedungbendo nantinya kata Helmi, sudah ada Pompa Boster dengan kapasitas 700 liter/detik yang akan diarahkan ke Pond 42 dengan kapasitas sama sehingga langsung dibuang ke Sungai Porong.

Diharapkan, langkah ini bisa mengurangi banjir yang menggenangi ruas Raya Porong akibat luapan sungai Kali Ketapang dan curah hujan yang tinggi. (rst)