SS TODAY

Persebaya Surabaya Juara Liga 2

Laporan Ika Suryani Syarief | Selasa, 28 November 2017 | 22:08 WIB
Selebrasi pemain Persebaya Surabaya. Foto: liga-indonesia.id
suarasurabaya.net - Persebaya Surabaya akhirnya tampil sebagai juara Liga 2 2017. Kemenangan atas PSMS Medan dalam pertandingan final di Stadion GBLA, Bandung, Selasa (28/11/2017) malam, skor 3-2, membawa tim Bajul Ijo meraih mahkota juara kompetisi kasta kedua musim ini.

Pertandingan ini harus berlanjut sampai perpanjangan waktu. Itu karena dalam waktu normal Persebaya dan PSMS berbagi skor sama kuat 2-2. Persebaya unggul lebih dulu pada menit kedua saat Rishadi Fauzi menjebol gawang PSMS, seperti dikutip dari laman Liga Indonesia.

Tapi hanya berselang enam menit, tepatnya pada menit kedelapan, PSMS mampu menyamakan kedudukan. Adalah Made Wirahai yang membawa PSMS bisa cepat membuat skor menjadi imbang.

Pada menit ke-30 PSMS berbalik unggul ketika bek Ronny Fatahillah mampu menanfaatkan hadiah penalti untuk menjadi gol. Skor berubah menjadi 2-1 untuk keunggulan PSMS.

Tapi pada menit ke-40, Persebaya berhasil menyamakan kedudukan. Gol penyeimbang juga berasal dari skema penalti. Hadiah penalti didapat setelah Rendi Irwan dijatuhkan di kotak penalti.

Irfan Jaya yang maju menjadi eksekutor, tembakannya sempat digagalkan kiper PSMS. Tapi bola muntah bisa dimaksimalkan kembali oleh Irfan Jaya untuk membobol gawang PSMS.

Di babak kedua skor pertandingan tidak berubah tetap 2-2. Alhasil pertandingan harus dilanjutkan dengan perpanjangan waktu.

Di babak inilah Persebaya mampu mencuri gol cepat. Hanya butuh 1 menit untuk Green Force menjebol gawang PSMS. Adalah Irfan Jaya yang berhasil melepaskan tembakan keras dari dalam kotak penalti.

Gol pada menit ke-91 itu membuat tensi pertandingan meninggi. Tapi sampai wasit meniup peluit tanda pertandingan berakhir, skor tetap untuk keunggulan Persebaya 3-2 atas PSMS.

Susunan pemain PSMS Medan vs Persebaya Surabaya:

PSMS Medan: Abdul Rohim; Derry Herlangga, Roni Fatahillah, Legimin Raharjo, Wanda Syahputra; Fredyan Wahyu, Eliazer Thonchy, I Made Wirahadi, Suhandi; Muhammad Dimas Drajad, Frets Listianto.
Pelatih: Djadjang Nurdjaman

Persebaya Surabaya: Miswar Saputra; Abu Rizal, Andri Muladi, Fandri Imbiri, Moch Irvan; Muhammad Hidayat, Adam Maula, Rendi Irwan; Irfan Jaya, Rishadi Fauzi, Oktavianus Fernando
Pelatih: Angel Alvredo Vera.

Sementara itu baik Persebaya maupun PSMS sudah resmi mengantongi tiket promosi tampil di Liga 1 musim depan. Satu tempat lainnya diraih PSIS Semarang yang sukses mengalahkan Martapura 6-4 di laga penentu tempat ketiga.(iss/ipg)
Editor: Iping Supingah