SS TODAY

BMKG: Waspada Banjir Rob di Malam Pergantian Tahun Baru

Laporan Dwi Yuli Handayani | Minggu, 31 Desember 2017 | 10:35 WIB
Ilustrasi. Banjir rob. Foto: Dok. suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - BMKG mengimbau masyarakat agar mewaspadai terjadinya banjir rob atau pasang air maksimum di seluruh wilayah di Jawa Timur pada malam pergantian tahun baru, Minggu (31/12/2017) malam. Sebenarnya, air pasang maksimum ini terjadi hampir di seluruh wilayah Indonesia hanya waktu terjadinya yang berbeda-beda tergantung topografi.

Ari Wijayanto Prakirawan BMKG Maritim Perak mengatakan, air pasang maksimum yang mencapai 130-140 cm diprakirakan mulai terjadi pukul 22.00 WIB ini dampak dari supermoon.

"Tapi yang perlu diwaspadai untuk tanggal 1 dan 2 karena pasangnya cukup maksimum," kata Ari pada Radio Suara Surabaya.

Dengan peringatan dini ini, kata dia, masih ada waktu menyesuaikan diri bagi nelayan maupun para petani tambak. Selain itu, aktivitas bongkar muat beberapa kapal di pelabuhan juga berpotensi terganggu.

"Bukan hanya Surabaya tapi wilayah di Jatim lainnya juga berpotensi tergenang seperti Sidoarjo dan Jawa Timur bagian utara," ujarnya.

Diprakirakan, kata dia, air mulai pasang pukul 20.00 WIB dan akan mencapai puncaknya pukul 22.00 WIB.

"Besok juga akan sama terjadi seperti ini dan air diprakirakan menurun pukul 24.00 WIB. Kondisi seperti ini masih terus terjadi sampai tanggal 4 Januari 2018 mendatang," katanya. (dwi)


LAINNYA