SS TODAY

Libur Tahun Baru, Warga Surabaya Padati Tempat Wisata di Kenjeran

Laporan Denza Perdana | Senin, 01 Januari 2018 | 17:25 WIB
Warga yang memanfaatkan libur tahun baru memadati Jembatan Surabaya, Senin (1/1/2018). Foto: Denza suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Libur tahun baru 2018 dimanfaatkan oleh warga Kota Surabaya untuk berlibur ke tempat-tempat wisata. Sejak Senin (1/1/2018) pagi kawasan Pantai Kenjeran Surabaya dipadati warga yang hendak berlibur.

Ada beberapa tempat wisata yang menjadi jujugan warga. Salah satunya Tempat Hiburan Pantai (THP) Kenjeran di Jalan Raya Pantai Lama, Surabaya.

Tempat wisata yang dikelola Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) di Bawah Pemkot Surabaya ini dipadati pengunjung sejak sekitar pukul 10.00 WIB.

Pihak UPTD pengelola memang menggelar beberapa acara hiburan bagi pengunjung, salah satunya konser musik dangdut di atas dermaga. Selain itu, juga ada penampilan kesenian reog dan para seniman badut.

Dedik Kurniawan Koordinator Pendapatan THP Kenjeran mengatakan, jumlah pengunjung pada hari ini diperkirakan mencapai 15 ribu orang.

"Sampai pukul 14.00 WIB siang tadi, jumlah pengunjung yang terdata mencapai 13 ribu orang. Kami berharapnya sampai 20 ribu, tapi sepertinya hanya sekitar 15 ribu sampai sore ini," ujarnya kepada suarasurabaya.net.

Jumlah pengunjung di libur tahun baru 2018 ini dia akui mengalami penurunan dibandingkan momen yang sama tahun sebelumnya yang mencapai 25 ribu orang.

Walaupun berkurang, jumlah pengunjung yang mencapai belasan ribu orang ini cukup untuk membuat jalan di depan pintu masuk THP Kenjeran padat kendaraan.

Salah satu sebab padatnya kendaraan, karena beberapa orang warga sekitar juga membuka jasa parkir sepeda motor di badan jalan di sepanjang Jalan Raya Pantai Lama.

Pantauan suarasurabaya.net, selain di THP Kenjeran, warga Surabaya juga memadati beberapa tempat wisata sekitar. Misalnya Jembatan Surabaya.

Di jembatan itu, warga memarkir kendaraannya lalu menikmati pemandangan dari atas jembatan. Dedik mengatakan, ini bisa juga menjadi faktor penurunan jumlah pengunjung di THP Kenjeran.

"Orang akhirnya cukup melihat dari atas jembatan, jadi tidak perlu masuk ke THP Kenjeran. Tapi THP Kenjeran ini sebenarnya mempunyai segmen pengunjungnya sendiri, biasanya keluarga yang ingin liburan di pantai," katanya.

Warga Surabaya juga cukup banyak memadati Taman Surabaya di Kecamatan Bulak dan Sentra Ikan Bulak yang ada di seberang taman tersebut. Ini, kata Dedik, mungkin juga cukup menyedot perhatian pengunjung dari THP Kenjeran.

Namun faktor yang paling utama yang diduga oleh Dedik, penurunan pengunjung ini karena adanya wahana baru bernama Atlantis Land di tempat wisata Kenpark yang dikelola swasta.

Minat warga Surabaya menghabiskan waktu libur tahun baru di wahana baru itu tampak dari padatnya kendaraan yang keluar maupun masuk sehingga menyebabkan Jalan Pantai Ria Kenjeran cukup padat.(den/iss)
Editor: Ika Suryani Syarief



LAINNYA