SS TODAY

Tutup Tahun 2017, THP Kenjeran Penuhi Target Omzet Rp4,4 Miliar

Laporan Denza Perdana | Senin, 01 Januari 2018 | 19:06 WIB
Seorang petugas Dishub Surabaya berjaga di depan Pintu Masuk THP Kenjeran untuk memastikan arus lalu lintas tetap lancar. Foto: Denza suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Dedik Kurniawan Koordinator Pendapatan UPTD Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran mengatakan, omzet tempat wisata itu sudah memenuhi target yang ditetapkan Pemkot Surabaya selama 2017.

"Targetnya Rp4,4 miliar. Alhamdulillah sudah terpenuhi akhir Desember kemarin," ujarnya kepada suarasurabaya.net, Senin (1/1/2018).

Target omzet dari Pemkot Surabaya itu, kata Dedik, sudah meningkat dari target omzet pada 2016 lalu yakni sebesar Rp4,3 miliar. Tahun lalu, Dedik juga mengklaim, target itu terpenuhi.

THP Kenjeran Surabaya adalah satu di antara beberapa tempat wisata yang dikelola oleh Pemkot Surabaya. Tempat wisata pantai ini sudah sejak lama menjadi andalan wisata pantai di Surabaya.

Selama 2017 lalu, rata-rata pengunjung harian yang tercatat di UPTD pengelola THP Kenjeran mencapai 300 orang pada hari biasa, seribu orang di hari Sabtu, dan 3 ribu orang pada Minggu.

Seperti tempat wisata lain di Surabaya, lonjakan pengunjung akan terasa saat libur hari besar tiba. Pada libur tahun baru 2018 ini, pengunjung di THP Kenjeran pun tembus 15 ribu orang.

Tapi seperti diberitakan sebelumnya, jumlah ini menurun dari momen yang sama pada tahun 2017 silam yang mana lonjakan pengunjung saat itu mencapai 25 ribu orang.

Keberadaan tempat-tempat wisata baru menjadi faktor menurunnya angka pengunjung pada momen tahun baru 2018 di THP Kenjeran. Karena itulah, pengelola dituntut untuk menciptakan inovasi yang mampu menarik minat pengunjung.

Dedik mengatakan, tambahan-tambahan spot memang sudah dipikirkan oleh UPTD. Salah satunya menambah jumlah taman dan kolam di lokasi tempat wisata pantai itu.

"Rencana ke depan sementara ini penambahan taman dan kolam. Karena memang pengunjung kami lebih banyak keluarga," ujarnya.

Selama ini, THP Kenjeran memang tersegmentasi sebagai tempat jujugan wisata keluarga. Banyak pengunjung yang mengajak keluarganya untuk sekadar piknik sambil menikmati suasana pantai Kenjeran.

Hiburan rutin yang disediakan oleh pengelola di momen-momen liburan pun bisa dibilang monoton. Dari orkes dangdut sampai pertunjukan berbagai seni seperti badut dan reog.

Namun, terjangkaunya harga tiket masuk ke THP Kenjeran masih menjadi andalan. Di hari besar pun, tarif masuk ke lokasi ini hanya Rp10 ribu untuk orang dewasa dan anak dengan tinggi di atas 85 sentimeter.

THP Kenjeran yang pada hari biasa buka dari pukul 09.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB pada hari Sabtu buka lebih lama sampai pukul 20.30 WIB.

Ini karena saat weekend ada air mancur menari di Jembatan Surabaya yang dinyalakan mulai pukul 19.30 WIB sampai pukul 20.30 WIB.

Pengunjung bisa menikmati air mancur menari dari THP meski memang sedikit lebih jauh bila dibandingkan menikmati air mancur menari itu di Jembatan Surabaya.

Keunggulannya, di THP Kenjeran cukup banyak tersedia pilihan kuliner di sentra makanan yang tersedia. Pemandangan pantai dari dermaga kapal nelayan di THP Kenjeran ini pun juga cukup memanjakan mata.(den/iss)
Editor: Ika Suryani Syarief



LAINNYA