SS TODAY

Abdullah Azwar Anas Mundur dari Pilgub Jatim 2018

Laporan Denza Perdana | Kamis, 04 Januari 2018 | 23:16 WIB
Saifullah Yusuf dan Azwar Anas. Foto: merdeka.com
suarasurabaya.net - Abdullah Azwar Anas mengundurkan diri sebagai bakal calon wakil gubernur yang akan mendampingi Saifullah Yusuf (Gus Ipul) di Pilgub Jatim 2018.

Gus Ipul mengaku kaget setelah mendengar kabar ini. Padahal, bakal pasangan calon yang akan diusung PKB dan PDI Perjuangan ini sudah ancang-ancang mendaftar ke KPU.

Apalagi, pembukaan pendaftaran bakal calon gubernur dan wakil gubernur kurang empat hari lagi.

"Saya kaget dengar kabar itu. Tapi biarkan Mas Anas yang menjelaskan mengapa beliau mengundurkan diri," kata Gus Ipul kepada wartawan, Kamis (4/1/2018) malam.

Saat ini, kata Gus Ipul, pihaknya sedang mendalami beberapa isu yang berkembang berkaitan mundurnya Anas. Termasuk siapa yang akan menggantikan Anas.

"Kita tunggu hasilnya 2-3 hari ke depan. Pada saatnya nanti akan kami sampaikan. Sekarang kami fokus ke rencana selanjutnya. Ganti pasangan dan lain-lain itu sesuatu yang biasa-biasa saja dalam politik," kata Gus Ipul.

Gus Ipul menegaskan, dia tidak mau berspekulasi siapa bakal pasangan pengganti Anas yang akan mendampinginya di Pilgub Jatim dengan kendaraan PKB dan PDIP.

"Tunggu saja 2-3 hari ke depan. PKB dan PDIP sedang mendalami sebuah isu yang berkembang. Politik itu kadang-kadang ya begini ini. Saya dulu waktu maju bareng Pakde Karwo juga diputuskan di menit-menit terakhir," kata dia.

Soal keputusan Anas yang cukup mendadak dan mengejutkan itu, Gus Ipul mengaku belum menggali lebih dalam, apa sebenarnya alasan di balik pengunduran diri Bupati Banyuwangi itu.

"Saya komunikasi sama mas Anas lewat WhatsApp. Beliau bilang, nanti akan menemui saya dan menjelaskan sendiri beberapa isu yang berkembang, termasuk pengunduran dirinya," ujarnya.(den)