SS TODAY

Tri Rismaharini Tidak Akan Gantikan Azwar Anas Sebagai Cawagub Jatim

Laporan Jose Asmanu | Jumat, 05 Januari 2018 | 10:43 WIB
Tri Rismaharini Walikota Surabaya. Foto: dok suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Hasto Kristianto Sekjen PDI Perjuangan menegaskan, partainya bersama PKB sedang membahas kader yang akan menggantikan Azwar Anas.

Azwar Anas Bupati Banyuwangi yang diberi mandat PDIP menjadi wakil gubernur Jatim berpasangan dengan Saifullah Yusuf resmi mengundurkan diri dari pencalonan.

Diharapkan dalam waktu dekat pengganti Anas untuk berduet dengan Gus Ipul sudah bisa diumumkan.

"Tri Rismaharini Walikota Surabaya dipastikan tidak akan menggantikan posisi Azwar Anas sebagai bakal calon wakil gubernur Jatim," kata Sekjen PDI Perjuangan.

Pertemuan Tri Rismaharini dengan Megawati Ketua Umum PDI Perjuangan di Jakarta, Kamis (4/1/2018) memunculkan spekulasi politik bahwa Walikota Surabaya itu akan diberi tugas partai untuk menggantikan posisi Azwar Anas sebagai calon wagub Jatim.

Namun beberapa orang yang ikut Tri Rismaharini ke Jakarta mengatakan, kalau walikota Surabaya tetap pada sikapnya. Tidak akan masuk bursa Calon Pilgub di Jatim maupun daerah lain.

"Diminta jadi Gubernur saja tidak mau, masak bu Risma mau turun kelas ingin jadi Cawagub," kata sahabat Risma.

Abdul Kadir Karding Sekjen DPP PKB dikonfirmasi soal pengganti Azwar Anas mengatakan, pengganti Azwar Anas domain PDI P.

PKB tidak mempersoalkan yang akan ditunjuk PDI P untuk menggatikan Azwar Anas.

"Harapan PKB, Pilgub di Jatim berlangsung aman, warga NU bersatu dan partisipasi masyarakat cukup timggi," kata Sekjen PKB.

PKB belum melihat ini bagian dari skenario untuk menjegal Gus Ipul. Calon yang diusung PKB setelah Muhaimin "bermesraan" dengan Jokowi Presiden saat meresmikan kereta api bandara Soekarno Hatta, Selasa (2/1/2018).(jos/dwi/rst)
Editor: Restu Indah