SS TODAY

Anas: Ada Upaya Pembunuhan Karakter

Laporan Denza Perdana | Jumat, 05 Januari 2018 | 14:08 WIB
Abdullah Azwar Anas. Foto : Merdeka
suarasurabaya.net - Abdullah Azwar Anas Bupati Banyuwangi, dalam keterangan pers tertulis kepada wartawan, Jumat (5/1/2018), mengatakan, ada upaya pembunuhan karakter dirinya berkaitan pencalonannya sebagai bakal calon wakil gubernur di Pilgub Jatim 2018.

Anas juga mengaku, dirinya dan keluarganya sering menerima teror. Ini terjadi sejak tahun kedua dirinya menjabat sebagai Bupati Banyuwangi, yang mana hal itu dia terima saat hendak menerapkan sejumlah kebijakan.

Bakal pasangan Saifullah Yusuf di Pilgub Jatim yang akan diusung gabungan Parpol PKB dan PDI Perjuangan itu mengatakan, dia sudah terbiasa ditempa hal yang dia sebut upaya pembunuhan karakter semacam yang terjadi saat ini.

"Perlakuan sama persis seperti ini sudah saya terima sejak tahun kedua menjabat ketika saya menerapkan sejumlah kebijakan, seperti pelarangan pasar modern, memperjuangkan saham bagi rakyat di sektor pertambangan, dan sebagainya. Bahkan, saya dilaporkan melakukan kriminalisasi kebijakan karena kebijakan-kebijakan itu," kata Anas.

Berkaitan gambar orang yang mirip dirinya bersama perempuan dengan kesan tidak senonoh yang menyebar melalui grup-grup maupuan jaringan pribadi WhatsApp, dia mengaku sebelumnya juga sudah sering menerima kiriman gambar yang macam-macam.

"Saya juga dikirimi macam-macam gambar di masa lalu untuk mencegah saya mengambil kebijakan-kebijakan tertentu. Tapi kan saya tetap lanjutkan apa yang baik bagi orang banyak," ujarnya.

Dia kemudian memaparkan bagaimana dirinya menghadapi tantangan dalam membangun Banyuwangi. Berkaitan banyaknya perubahan di kabupaten itu selama dirinya menjabat sebagai Bupati.

Namun, Anas sama sekali tidak menyinggung, apakah memang upaya pembunuhan karakter dan teror itu yang menjadikan niatnya mundur dari Pilgub Jatim 2018 semakin bulat?

Saifullah Yusuf bakal calon gubernur yang akan berdampingan dengannya, tadi malam, Kamis (4/1/2018), mengaku telah berkomunikasi dengannya dalam pesan WhatsApp.

Pria yang akrab disapa Gus Ipul itu mengatakan, Anas telah menyampaikan bahwa dalam waktu dekat dirinya akan bertemu Gus Ipul untuk menjelaskan beberapa isu dan alasan dibalik pengunduran dirinya.

Gus Ipul mengaku kaget mendapat kabar itu secara langsung dari Anas, meski sebelumnya dia sudah mendengar desas-desus mengenai niat mundurnya Anas sebagai bacawagub.

Pria yang saat ini masih menjabat sebagai Wakil Gubernur Jatim itu juga sempat menyebutkan kepada wartawan, bahwa dirinya sempat dipanggil oleh para Kiai.

Beberapa Kiai menanyakan kepada dirinya berkaitan dengan Anas, yang menurut Gus Ipul, hanya bisa dijawab oleh Mas Anas. "Saya hanya bisa menunggu penjelasan dari Mas Anas, sambil fokus menyusun langkah selanjutnya," kata Gus Ipul.(den/rst)
Editor: Restu Indah