SS TODAY

Gus Ipul Tetap Optimis, Tidak Berprasangka Buruk atas Mundurnya Azwar Anas

Laporan Jose Asmanu | Minggu, 07 Januari 2018 | 08:08 WIB
Saifullah Yusuf. Foto: Dok. suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Saifullah Yusuf calon Gubernur Jatim mengatakan tidak akan berspekulasi maupun berburuk sangka dengan kejadian yang menimpa pribadi Azwar Anas.

Wagub Jatim itu juga menampik asumsi yang berkembang, apabila kejadian tersebut merupakan bagian dari skenario untuk menjegal dirinya, guna memenangkan calon lain.

Diakui mundurnya Anas, yang digadang-gadang akan mendampinginya di Pilgub Jatim 2018, berimbas pada dirinya. Tapi Gus Ipul tidak akan membuat kesimpulan apapun. Lakon politik ini akan dijalani dengan sabar dan optimis.

Azwar Anas secara resmi mengembalikan mandat penunjukan dirinya sebagai Wagub Jatim, kepada DPP PDI Perjuangan, Sabtu (6/1/2018).

Gus Ipul berkeyakinan dalam waktu dekat sudah ada pengganti Azwar Anas.

Dikatakan banyak yang menanyakan kronologi beredarnya foto tidak patut, yang mirip Azwar Anas di media, yang diduga penyebab Anas Mundur. Tapi menurut Gus Ipul, Anas sendiri yang bisa menjelaskan.

Meskipun Bupati Banyuwangi itu membuatnya kecewa, Gus Ipul akan mengambil hikmah dari kejadian ini dengan lapang dada, seperti saran para ulama dan para pendukungnya.

"Sebab peristiwa yang menimpa bakal calon wakilnya itu terjadi sebelum pendaftaran, akan menjadi persoalan besar kalau mundur setelah mendaftar," kata Gus Ipul.

Khofifah Indar Parawansa Menteri Sosial RI, yang akan menjadi lawan tanding Gus Ipul di Pilgub Jatim, tidak menjawab, ketika ditanya apakah mundurnya Azwar Anas akan menguntungkan dirinya.

Khofifah yang akan bertarung untuk ketiga kalinya melawan Gus Ipul di Pilgub Jatim, berdalih tidak mau mengurusi rumah tangga orang lain. (jos/ang/dwi)
Editor: Dwi Yuli Handayani