SS TODAY

Forum Diskusi Perlu Dibentuk, Untuk Tingkatkan Partisipasi Publik

Laporan Anggi Widya Permani | Senin, 08 Januari 2018 | 12:12 WIB
Ilustrasi. Grafis: suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Airlangga Pribadi Pengamat Politik Universitas Airlangga mengingatkan kepada masyarakat agar lebih selektif dan cerdas dalam memilih pemimpin.

Menurutnya, pemilih harus melihat terlebih dahulu track record pemimpin yang akan dipilih. Seperti yang diketahui, 2018 merupakan tahun politik, dimana Pilkada serentak akan berlangsung.

"Bagi para pemilih, sebaiknya melihat track record dari pemimpinnya bagaimana, terus kapasitas mereka memimpin, dan yang terpenting adalah pemimpin dengan kekuatan masyarakat sipil bersama-sama membuat ruang dialog, agar masyarakat tahu dedikasi dan kapasitas calon yang akan dipilihnya," kata dia kepada Radio Suara Surabaya, Senin (8/1/2018).

Airlangga mengatakan bahwa terwujudnya forum diskusi tersebut perlu keterlibatan dari penyelenggara pemilu atau KPU di masing-masing daerah.

"Saya pikir KPU perlu terlibat, sehingga ada peran aktif dari mereka untuk membuat panggung atau ruang dialog. Khususnya wilayah yang bukan kota dan yang memang kesulitan buat mengakses itu," kata dia.

Tanggung jawab masing-masing parpol selain mensukseskan pemilu dan mengedepankan kandidatnya, kata Airlangga, hal yang paling penting adalah memperkenalkan visi misi kandidat yang mereka usung.

"Jadi fokus pembicaraannya dalam kampanye yang digelar itu terkait program apa yang mereka tawarkan ke masyarakat, agar mereka tahu. Ketika nanti memilih calon atau apabila calonnya terpilih, masyarakat tahu isu-isu apa yang bisa dikemukakan terkait janji politik yang nantinya bisa ditagih," kata dia.

Menurut Airlangga, masyarakat perlu terlibat dalam perumusan atau mendialogkan visi misi yang akan ditawarkan kandidat agar sesuai dengan gagasan demokrasi. Perlu hadirnya partisipatoris untuk melembagakan hubungan interaksi antara politik, pemerintah, anggota dewan dan masyarakat sipil.

"Hubungan interaksi itu bisa dibentuk dengan membuat forum diskusi dengan masyarakat. Jadi, masyarakat jangan hanaya menyerahkan kedaulatan kepada pemerintah saja, tapi harus terlibat dalam proses itu, agar program pemerintah yang terpilih bisa dikawal," pungkasnya. (ang/rst)
Editor: Restu Indah



LAINNYA