SS TODAY

Kapolda: Pilgub Jatim Masih Anget-anget Saja

Laporan Denza Perdana | Senin, 08 Januari 2018 | 14:20 WIB
Irjen Pol Machfud Arifin Kapolda Jatim saat berkunjung ke KPU Provinsi Jatim, Senin (8/1/2018). Foto: Denza suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Inspektur Jenderal Polisi Machfud Arifin Kapolda Jatim mengunjungi Kantor KPU Provinsi Jatim di hari pertama pembukaan pendaftaran pasangan calon gubernur dan wakil gubernur di Kantor KPU Jatim, Senin (8/1/2017).

Menyempatkan diri berkeliling, baik ke tenda tempat pendaftaran dan lobby gedung KPU Jatim, Kapolda Jatim didampingi Kombes Pol Rudi Setiawan Kapolrestabes Surabaya dan Eko Sasmito Ketua KPU Jatim.

Machfud Arifin menyatakan, meskipun belum ada pasangan calon yang akan mendaftar persiapan yang dilakukan oleh KPU Provinsi Jatim sudah cukup lengkap. Demikian halnya pengamanan dari Polri dan TNI.

"Di provinsi ini, informasinya baru cagub cawagub baru mendaftar tanggal 10. Tapi persiapan KPU sudah oke. Pengamanan juga kami sudah siap," ujarnya.

Informasi yang didapat suarasurabaya.net, personel yang diterjunkan pada hari ini sebanyak 160 personel gabungan dari Polda Jatim dan Polrestabes.

Namun, kata Arifin, secara keseluruhan saat pelaksanaan Pilgub Jatim 2018, Polda Jatim menyiagakan sejumlah 27 ribu personel. Pengamanan ini, kata Arifin, akan dibantu personel TNI sejumlah lebih dari 6 ribu personel.

"Banyak. Belum dari Linmas," ujarnya. "Kami sudah melakukan operasi Mantap Praja sejak sebelum tahapan dimulai, jadi bukan hanya tiga hari ini, tapi seterusnya sampai pelaksanaan pemilihan."

Polda Jatim, kata Arifin, terus melakukan operasi siber. Meski ada kejadian pengunduran diri Azwar Anas bakal calon wakil gubernur PDIP yang sempat menghangatkan situasi, Arifin mengatakan tidak ada gejolak berarti.

"Enggak. Dingin-dingin aja, kok. Saya aja sampai matikan AC (air conditioner,red)," selorohnya.

Sampai saat ini, Arifin menegaskan, Tim Patroli Siber Polda Jatim terus menjalankan operasinya. Bila ada indikasi pidana, baik dari laporan Bawaslu maupun Gakkumdu, dia mengatakan, Polda pasti akan menindaknya.

Namun, sampai saat ini dia memastikan belum ada hal-hal yang mengarah pada pelanggaran-pelanggaran pidana selama proses tahapan Pilgub Jatim 2018 berjalan.

"Masih anget-anget aja, kan belum panas," katanya.(den/iss/rst)
Editor: Restu Indah



LAINNYA