SS TODAY

PDIP Ikuti Kebiasaan Jokowi Umumkan Hal Penting di Hari Rabu

Laporan Muchlis Fadjarudin | Selasa, 09 Januari 2018 | 20:56 WIB
Hasto Kristiyanto Sekjen DPP PDI Perjuangan. Foto: Faiz suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Batal mengumumkan Bakal Calon Wakil GubernurJawa Timur hari ini, PDI Perjuangan memastikan akan menyampaikan Rabu besok (10/1/2018).

Hasto Kristiyanto Sekjen DPP PDI Perjuangan mengaku ingin mengikuti tradisi Joko Widodo (Jokowi) Presiden RI kalau hal-hal yang penting itu diumumkan pada hari Rabu.

"Kami pastikan itu tidak hari ini tetapi besok 10 Januari karena kita juga ingin mengikuti tradisi Pak Jokowi pada hal-hal yang penting itu diumumkan pada hari Rabu," ujar Hasto dalam jumpa pers di kantor DPP PDI Perjuangan, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Selasa (9/1/2018).

Soal Ahmad Basarah Wasekjen DPP PDI Perjuangan yang disebut-sebut akan mendampingi Gus Ipul sebagai bakal calon wakil Gubernur Jatim, Hasto menegaskan kalau sudah ada penugasan dari partai, maka siapa pun harus siap.

"Pak Basarah (Ahmad Basarah) tadi mengatakan kepada saya, `itu tugas MPR belum selesai`. Ya, tapi namanya penugasan semuanya harus siap. Kuncinya kan tentu saja restu dan doa dari para kiai di Jawa Timur, kemudian bisa bekerja sama dengan Gus Ipul," kata dia.

Hasto menjelaskan, Basarah telah memenuhi syarat bisa bekerja sama dengan Gus Ipul. Sedangkan dengan Muhaimin Iskandar Ketum PKB, Basarah adalah teman berjuang bersama jaman mahasiswa atau kelompok Cipayung.

"Dengan Kiai, pengurus NU, masa nggak dapat restu," jelasnya.

Sekarang ini, kata Hasto, siapa pun Bakal Calon Wagub Jatim, tinggal menunggu keputusan Megawati Soekarnoputri Ketua Umum PDI Perjuangan.

"Nah tinggal isyarat langitannya nanti bagaimana. Itu nanti Ibu Megawati yang akan mengambil keputusan. Yang akan diumumkan Ibu Mega ini adalah benar benar calon pemimpin. Hanya tinggal tunggu tanggal mainnya," tegas dia.

Sebelumnya, Hasto juga mengatakan, ada empat nama yang kemungkinan akan menggantikan posisi Abdullah Azwar Anas sebagai Bakal Calon Wakil Gubernur Jawa Timur.

Mereka masing-masing Ahmad Basarah Wasekjen DPP PDI Perjuangan, Budi Sulistyono Bupati Ngawi, Hasto Wardoyo Bupati Kulon Progo, dan Sri Utari Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur.

"Memang muncul beberapa nama seperti Pak Budi Sulistiyono itu Bupati Ngawi. Bahkan kemudian muncul juga nama Pak Ahmad Basarah,sosok muda doktor di bidang Pancasila, dan ada juga yang memunculkan Pak Hasto Wardoyo Bupati Kulon Progo. Kemudian Mbak Utari Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur," ujar Hasto.(faz/iss/ipg)‎
Editor: Iping Supingah



LAINNYA