SS TODAY

KB-TK Al Falah Kenalkan Profesi Wartawan Lewat Drama

Laporan Anggi Widya Permani | Jumat, 09 Februari 2018 | 12:05 WIB
Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional, KB-TK Al Falah Surabaya menggelar berbagai acara. Foto: Anggi suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional, KB-TK Al Falah Surabaya menggelar berbagai acara, seperti membaca puisi untuk wartawan dan bermain drama "Andai aku jadi Wartawan", di Halaman sekolah, Jalan Siak No. 2, Jumat (9/2/2018), pukul 09.00 WIB.

Acara tersebut diikuti sekitar 196 siswa dari KB dan TK, serta semua guru, dengan menggunakan baju batik.

Rina Rahayu Waka Kesiswaan KB-TK AL Falah mengatakan acara tersebut digelar untuk mengenalkan profesi wartawan sejak dini kepada anak-anak.

"Kami ingin mengenalkan wartawan secara riil atau nyata, melalui kegiatan drama, dimana anak-anak berperan sebagai wartawan cilik, reporter. Jadi mereka tahu, tugas wartawan itu bagaimana," kata Rina.

Drama tersebut, menceritakan wartawan yang sedang bertugas di lapangan. Wartawan tersebut mencari informasi tentang kasus penculikan anak yang sedang terjadi. Kemudian muncul polisi yang menangani kasus itu, dan menangkap penjahat. Wartawan merekam pelaku dan menulis berita.

Pengenalan profesi wartawan pada anak-anak, kata Rina, sebelumnya hanya berupa pengenalan lewat cerita. "Belum sampai riil, tidak seperti sekarang, lewat drama dan bertemu langsung dengan wartawan," tambahnya.

Rina berharap anak-anak bisa memahami dan mencintai profesi wartawan. Menurutnya, profesi wartawan merupakan tugas mulia untuk mengungkap kebenaran.

"Kami semua juga berdoa, di Hari Pers Nasional ini, semua wartawan Surabaya maupun se Indonesia, diberikan kesehatan dan kelancaran dalam bertugas, demi membela kebenaran," pungkasnya.

Di akhir kegiatan, seluruh siswa dan guru berdoa bersama dengan sejumlah wartawan yang hadir. Kemudian, siswa-siswi memberikan selempang bertuliskan "I Love Journalist", kepada sejumlah wartawan yang hadir. (ang/dwi)