SS TODAY

Hari Film Nasional: Film Bagus Harus Didukung Pemasaran Yang Bagus

Laporan J. Totok Sumarno | Kamis, 30 Maret 2017 | 16:00 WIB
Ujung kiri adalah Aris Muda yang menyoroti peredaran dan pemasaran film nasional di Hari Film Nasional 2017. Foto: Totok suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Sebuah produksi film yang bagus, ditegaskan Aris Muda promotor dan pemasar film nasional, tidak akan berhasil dan mendapatkan sambutan layak dari masyarakat luas jika tidak didukung dengan sistem pemasaran yang juga bagus.

"Berdasarkan pengalaman kami, produksi film yang bagus harus didukung dengan sistem pemasaran yang juga bagus. Tidak perlu lagi menggunakan cara-cara lama, yang tidak lagi dipahami oleh masyarakat saat ini. Dibutuhkan proses pemasaran yang baru dan bagus," terang Aris.

Aris mencontohkan, jika sebuah film didukung oleh pemain yang bagus, proses poroduksi yang juga bagus, dan dukungan dana yang bagus, tetapi tidak disupport pemasaran yang bagus, maka dapat dipastikan, film itu tidak akan berhasil di masyarakat.

"Dan ujung-ujungnya film itu akan jeblok, tidak berhasil, dan merugi ditengah masyarakat. Sudah banyak contohnya kok, pemain bagus, naskah bagus, produksi bagus, tetapi tidak berhasil dilapangan. Ini sudah bukan rahasia lagi," kata Aris.

Sebuah produksi film, lanjut Aris butuh dana yang tidak sedikit. Minimal dua digit angka milyar rupiah. Tetapi jika ingin membuat film yang lebih kolosal dan besar maka dana akan membengkak dengan sendirinya secara otomatis.

"Bayangkan jika sebuah produksi film, ternyata cuma bisa bertahan ditengah masyarakat hanya dalam hitungan hari. Padahal dana yang digunakan tidak sedikit. Dukungan terhadap proses pemasaran sangat penting artinya dalam peredaran film. Ini penting," ujar Aris.

Oleh karena itu, Aris yang Kamis (30/3/2017) hadir di kampus Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya dalam rangka promo film Perfect Dream, menantang mahasiswa dan civitas academica UK Petra Surabaya memiliki lembaga yang secara khusus mengkaji tentang film nasional.

"Khususnya pemasaran dan kajian-kajian ilmiah yang berdasarkan data dan fakta dilapangan. Ini sangat dibutuhkan agar diketahui, masyarakat membutuhkan film dngan genre seperti apa, tema seperti apa, dan bagaimana peredarannya," tambah Aris.

Dan dalam rangka Hari Film Nasional 30 Maret, Aris mengingatkan kembali betapa pentingnya proses pemasaran yang bagus dengan menggunakan berbagai perangkat modern yang ada saat ini agar sebuah produksi film berhasil di terima dan diminati masyarakat.(tok/rst)
Editor: Restu Indah



LAINNYA