SS TODAY

Mengintip Dilan 1990 dan Wiro Sableng

Laporan Ika Suryani Syarief | Sabtu, 30 Desember 2017 | 11:01 WIB
Vino G Bastian saat memerankan Wiro Sableng. Foto: Google
suarasurabaya.net - Belum tayang di layar lebar, trailer film Dilan 1990 dan official first look teaser Wiro Sableng sudah menyedot perhatian banyak orang dan menjadi perbincangan di media sosial.

Dilan 1990

Trailer film Dilan 1990 yang dirilis tanggal 13 Desember 2017 langsung menjadi topik populer di Twitter Indonesia hari itu juga. Trailer film adaptasi dari novel best seller dengan judul yang sama karya Pidi Baiq itu memperoleh dua juta viewers dalam dua hari di Youtube, seperti dikutip dari kolaborasik.com.

Sejak awal diumumkan akan dibuat filmnya, banyak pembaca yang ingin Dilan tetap seperti dalam imajinasi mereka. Sosoknya sangar tapi jenaka dan kadang romantis.

Dilan seringkali melontarkan gombalan pada Milea, perempuan yang dia sukai. Salah satu kutipan terkenal Dilan adalah, "Jangan rindu, berat. Kamu nggak akan kuat, biar aku saja."

Kekecewaan memuncak saat Iqbal CJR terpilih menjadi pemeran Dilan. Pidi Baiq lalu turun tangan, meredam banyak orang dengan tweet-tweetnya.

Film yang disutradarai Fajar Bustomi ini akan rilis di bioskop pada 25 Januari 2018.



Wiro Sableng

Official first look teaser Wiro Sableng mendapatkan kesan positif. Cuplikan berdurasi 30 detik itu disambut meriah banyak orang. Selain melepas kerinduan pada film laga Indonesia, official first look teaser ini juga membuat generasi yang hidup di tahun `90an berdecak kagum.

Wiro Sableng adalah film pertama kolaborasi 20th Century Fox dengan LifeLike Pictures, rumah produksi Indonesia.

Sejak dirilis pada Kamis (28/12/2017) sampai Sabtu (30/12/2017), cuplikan awal pendekar yang terkenal dengan ikat kepalanya tersebut masuk dalam trending Youtube dan sudah ditonton 337 ribu kali.

Publik juga membagikan dari tweet ke tweet dan tayangan Instagram. Cuitan akun Twitter resmi @LifeLikePictrs yang menampilkan video itu diretweet 2.300 kali dan disukai 1.200 akun. Hal yang sama juga berlaku di cuitan para pemainnya di akun resminya.

Sebenarnya, sebelum ditayangkan di Youtube dan Twitter serta Instagram, cuplikan ini sudah dirilis di beberapa bioskop Indonesia. Karenanya, perbincangan di Twitter sudah ramai tentang preview pertama ini dan membuat penasaran. Begitu cuplikannya disebar di kanal digital pada 28 Desember 2017 pukul 12.00 WIB, Wiro Sableng jadi topik populer nomor satu di Twitter Indonesia dan sempat menembus topik populer dunia.

Lala Timothy sebagai produser mempercayakan peran pendekar Naga Geni 212 itu pada Vino G Bastian, yang juga merupakan adik iparnya. Fakta menariknya, Vino adalah anak kandung dari Bastian Tito, pengarang novel seri Wiro Sableng. Klop. Tentu ini jadi tantangan dan kehormatan buat Vino yang sudah malang melintang di dunia peran.



Selain itu, Lala Timothy juga menggandeng banyak pihak untuk menghadirkan kembali sosok jago silat Wiro yang jenaka ini. Mulai sutradara Angga Dwimas Sasongko, Seno Gumira Ajidarma sebagai penulis naskah sampai Yayan Ruhiyan untuk mengarahkan koreografi.

Wiro Sableng terkenal di akhir tahun 1990-an lewat serial televisinya. Ditayangkan tiap akhir pekan dan selalu ditunggu aksinya. Tak hanya jago silat, kisah Wiro juga dipenuhi kisah lucu karena sableng. Dalam serial, Wiro Sableng diperankan oleh Ken Ken.

Jauh sebelum itu, Wiro Sableng novel silat yang memegang rentang penerbitan terlama dan terpanjang di Indonesia, yakni dari 1967 sampai 2006, atau sampai sang novelis meninggal.

Proses syuting film Wiro Sableng berlangsung selama 74 hari di Jawa Barat dan Jakarta dan rampung di akhir November lalu. Rencananya, film ini akan tayang akhir tahun 2018.(kolaborasik/iss/ipg)
Editor: Iping Supingah



LAINNYA