SS TODAY
Dampak Kecelakaan KA Sancaka di Ngawi

Jalur Selatan di Ngawi Masih Tertutup, Penumpang KA Antre Pengembalian Tiket di Stasiun Gubeng

Laporan Anggi Widya Permani | Sabtu, 07 April 2018 | 10:23 WIB
Suasana di loket pengembalian tiket Stasiun Gubeng Baru di Surabaya, Sabtu (7/4/2018) pasca kecelakaan KA Sancaka. Foto: Anggi suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Ratusan penumpang kereta api di Stasiun Gubeng Surabaya mengantre di loket pengembalian tiket yang sebelumnya dipesan, untuk keberangkatan hari ini, Sabtu (7/4/2018).

Gatut Sutiyatmoko, Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya mengatakan, pengembalian tiket hari ini dikhususkan untuk KA Mutiara Selatan dan KA Bima yang tidak melanjutkan perjalanan sampai ke Malang.

Sehingga KA Mutiara Selatan untuk keberangkatan 07.20 WIB dan KA Bima pukul 06.20 WIB terpaksa tidak dioperasikan mengingat kecelakaan KA Sancaka di Walikukun Ngawi masih dalam proses evakuasi.

Uang tiket penumpang KA Mutiara Selatan dan KA Bima hari ini dikembalikan secara penuh 100 persen. Adapun tanggapan dari penumpang juga ada yang mengeluh karena gagal berangkat. Ada juga yang kaget karena mendadak tiket dikembalikan.

"Tadi saya mengantre dari jam 7, mau ke Malang pakai Mutiara Selatan. Terus sampek sini baru tahu, kalau batal. Ya kaget dan kecewa juga sih. Karena saya ke Malang ada tes Toefl. Untung bisa ganti hari. Jadi rencananya saya tetap pakai kereta untuk keberangkatan hari kamis," kata Nur salah satu penumpang.

Selain itu, untuk hari ini KA Sancaka akan ditukar rutenya melalui jalur utara. Bagi penumpang yang turun di Stasiun Mojokerto, Jombang, Nganjuk dan Madiun tidak bisa berangkat dan harap segera mengembalikan tiket. Ini dikarenakan hari ini, KA Sancaka akan berhenti di Stasiun Solo Balapan, Klaten dan Yogyakarta.

Gatut mengatakan, diperkirakan proses evakuasi dan perbaikan track di lokasi kecelakaan akan selesai pada pukul 14.00 WIB atau jam 2 siang. Diperkirakan mulai nanti malam, pemberangkatan kereta api sudah bisa berjalan normal.

Sedangkan untuk penumpang yang mengalami luka ringan saat kecelakaan, sudah sampai di Stasiun Gubeng Surabaya pukul 04.00 WIB. (ang/tna/ipg)
Editor: Iping Supingah