SS TODAY

SSC: Debat Publik Selanjutnya, Kedua Paslon Perlu Perbaiki Beberapa Hal

Laporan Denza Perdana | Jumat, 27 April 2018 | 20:43 WIB
suarasurabaya.net - Berdasarkan hasil survei Surabaya Survey Center (SSC) debat publik sebagai bagian kampanye cukup mempengaruhi tingkat popularitas dan akseptabilitas kedua pasangan calon.

Berdasarkan hasil survei SSC, Debat Publik pertama Pilgub Jatim 2018 lalu diketahui dan disaksikan oleh 60,6 persen dari total 1.220 responden yang telah disurvei oleh SSC.

SSC melakukan survei terhadap responden di 38 Kabupaten/Kota di Jatim dengan teknik rambang berjenjang (stratified multistage random sampling) sejak 11-19 April.

Mochtar W. Oeotomo Direktur SSC mengatakan, debat publik menjadi poin penting. Meskipun, kata dia, signifikasinya baru 2,6 persen dibandingkan jenis kampanye lainnya.

"Ditonton 60 persen lebih warga Jatim, artinya debat ini ditunggu masyarakat. Siapa yang bisa mengambil panggung dia yang bisa mengambil hati pemilih," ujarnya saat menyampaikan hasil survei, Jumat (27/4/2018).

Mochtar mengatakan, ada beberapa hal yang perlu diperbaiki dari masing-masing pasangan calon. Gus Ipul-Puti, kata dia, perlu memperbaiki penguasaan materi.


(Hasil survei SSC tentang persepsi publik mengenai karakter pasangan calon. Tabel: SSC)

Dia menyebutkan, ada beberapa kekeliruan data saat debat publik baik yang disampaikan oleh Gus Ipul berkaitan data startup, maupun Puti tentang kesehatan, kemiskinan, dan data lainnya.

"Kalau Gus Ipul-Puti bisa meningkatkan penguasaan masalah, tentu mereka akan menjadi excellent. Karena dalam hal performance, sikap, publik sudah memuji. Mereka tenang, dan bisa mengendalikan diri," katanya.

Sedangkan untuk pasangan Khofifah-Emil, kata dia, terutama untuk Emil, agar bisa mengontrol emosi saat membahas sesuatu yang sensitif berkaitan daerahnya.

"Kalau dia bisa melakukan itu, dia akan menjadi excellent. Sebab, anggapan publik sudah cukup baik. Dia masih tergolong muda tapi bisa menguasai materi. Tinggal performance dan sikap saja yang perlu diperbaiki," katanya.

Hal ini berkaitan dengan hasil survei SSC berkaitan persepsi publik mengenai karakter pasangan calon. Pasangan Gus Ipul-Puti unggul dalam hal kepedulian dan merakyat, ramah, santun, dan religius.

Sedangkan pasangan Khofifah-Emil unggul dalam hal prestasi, kejujuran dan amanah, pintar dan berwawasan luas, berpenampilan menarik, serta berani dan tegas.(den/ipg)
Editor: Iping Supingah



LAINNYA