SS TODAY

Di Debat Kedua, Tim Panelis akan Tampil di Atas Panggung

Laporan Denza Perdana | Senin, 07 Mei 2018 | 15:58 WIB
Choirul Anam Komisioner Divisi Perencanaan dan Data KPU Jatim saat memaparkan persiapan Debat Publik Kedua Pilgub Jatim 2018, Senin (7/5/2018). Foto: Denza suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Choirul Anam Komisioner Divisi Perencanaan dan Data KPU Provinsi Jawa Timur mengatakan, ada yang berbeda dari Debat Publik Kedua Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018 besok, Selasa (8/5/2018).

"Ada beberapa perbedaan. Salah satunya Tim Panelis yang menyusun pertanyaan untuk kedua pasangan calon. Untuk Debat besok, kami pilihkan yang lebih berbobot," kata Anam di Kantor KPU Jatim, Senin (7/5/2018).

Kalau sebelumnya Tim Panelis dan Perumus yang menyusun pertanyaan kedua pasangan calon hanya diperkenalkan nama dan latar belakangnya, debat publik besok tidak hanya demikian.

"Untuk segmen debat, Tim Panelis dan perumus nanti selain diperkenalkan juga akan maju ke panggung membacakan pertanyaan untuk kedua pasangan calon," ujar Anam.

Adapun empat Panelis dan perumus pertanyaan Debat Publik Kedua, sebagai berikut.

1. Muhammad Hasan Rektor Universitas Negeri Jember (Unej), ahli matematika.
2. Nuhfil Hanani AR Guru Besar Sosial Ekonomi Universitas Brawijaya, ahli ekonomi pertanian.
3. Arif Hoetoro Sekretaris Dewan Pakar ICMI Malang Raya, ahli ekonomi islam.
4. Nurul Barizah Wakil Dekan Fakultas Hukum Unair, Ahli Hak Kekayaan Intelektual (HAKI).

Anam mengatakan, KPU Jatim berupaya menyelenggarakan Debat Publik kedua di Dyandra Convention Center dengan tampilan lebih segar.

Jumlah segmen pada debat kali ini tetap sama, yakni enam segmen dengan masing-masing materi. Hanya saja, susunannya akan berbeda.

KPU juga mempertahankan debat terbuka antarcalon gubernur dan antarcalon wakil gubernur pada debat kedua ini. Tapi urutannya berubah.

Kalau sebelumnya debat terbuka antarcalon wakil gubernur didahulukan, besok, debat terbuka akan dimulai dari calon gubernur dilanjutkan antarcalon wakil gubernur.(den/tna/ipg)
Editor: Iping Supingah



LAINNYA