SS TODAY

Pengamanan Debat Publik Kedua Pilgub Jatim, Polisi Siapkan 796 Personel

Laporan Anggi Widya Permani | Selasa, 08 Mei 2018 | 12:48 WIB
Ilustrasi. Debat publik I Pemilihan Gubernur 2018. Foto: dok suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Menjelang pelaksanaan debat publik kedua Pilgub Jatim 2018, polisi telah menyiapkan sebanyak 796 personel, untuk melakukan pengamanan di Dyandra Convention Center, Surabaya, Selasa (8/5/2018). Ratusan personel itu terdiri dari 374 personel Polrestabes Surabaya dan 442 personel Polda Jatim.

AKBP Bambang Sukmo Wibowo Kabag Ops Polrestabes Surabaya mengatakan berdasarkan evaluasi dari pengamanan di debat pertama, pihaknya akan melakukan penjagaan ketat di beberapa lini lokasi.

Hal itu dilakukan untuk menghindari potensi kerawanan, seperti bentrok antar pendukung, penumpukan massa dan kendaraan akibat screening tamu undangan yang menggunakan gelang dan surat undangan.

"Kali ini pengamanannya lebih ketat, terutama saat menghadapi massa pendukung. Sebelumnya di debat pertama, massa pendukung yang bisa masuk, dibatasi kuotanya. Dari situlah ada miss communication dengan pihak panitia, yang menyebabkan terjadinya perselisihan. Kami harap debat nanti, sudah tidak ada lagi seperti itu," kata Bambang, Selasa (8/5/2018).

Adapun pembagian tiga ring pengamanan yang akan dilakukan, kata Bambang, diantaranya ring satu di dalam gedung atau lokasi debat termasuk panggung dan ruang konsolidasi, ring dua berada di luar gedung dan ring tiga di jalur sekitar Jalan Basuki Rahmat.

Selain itu, pihaknya juga akan melakukan pengamanan di jalur escape. Bambang menambahkan untuk kegiatan sterilisasi di lokasi dan pemasangan security door akan dilaksanakan sekitar pukul 16.00 WB.

Sekedar diketahui, Debat Publik Kedua Pilgub Jatim 2018 dengan tema "Pembangunan Ekonomi", akan berlangsung hari ini, Selasa (8/5/2018), di Dyandra Convention Center, sekitar pukul 18.30 WIB.

Choirul Anam Komisioner Divisi Perencanaan dan Data KPU Provinsi Jawa Timur mengatakan persiapan debat publik sudah lebih dari 90 persen, baik dari lokasi acara sampai pengamanan pihak kepolisian. (ang/dwi)
Editor: Dwi Yuli Handayani



LAINNYA