SS TODAY

Moderator Debat Publik: Kalau Debat Memanas Kami Punya Kewajiban Mengingatkan

Laporan Denza Perdana | Selasa, 08 Mei 2018 | 16:44 WIB
Aiman Witjaksono Moderator Debat Publik Kedua Pilgub Jatim 2018. Foto: Denza suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Aiman Witjaksono jurnalis sekaligus pembawa acara di salah satu stasiun televisi nasional akan menjadi moderator dalam Debat Publik Kedua di masa kampanye Pilgub Jatim 2018 hari ini, Selasa (8/5/2018).

KPI Provinsi Jawa Timur sebelumnya menyatakan, memberikan wewenang penuh bagi moderator untuk mengatur lalu lintas debat. Terutama saat berlangsungnya debat terbuka antarcalon gubernur maupun calon wakil gubernur.

Aiman menegaskan, masyarakat tidak bisa berharap acara Debat Publik ini seperti acara yang dipandu olehnya di stasiun televisi, dia bakal mendebat siapapun yang menjadi narasumber. Karena ini adalah acara debat resmi.

"Jadi, tugas moderator di sini mengajukan pertanyaan dari panelis, dan tidak mendebat jawaban pasangan calon. Jadi masyarakat jangan berharap seperti acara di televisi," ujarnya ketika di Kantor KPU Jatim.

Sebagaimana diketahui, pada Debat Publik sebelumnya, debat terbuka antarcalon wakil gubernur yakni antara Puti Guntur Soekarno dengan Emil Elistianto Dardak sempat diwarnai situasi yang hampir seperti debat kusir.

Aiman mengatakan, dia memiliki kewajiban untuk mengontrol situasi tersebut agar tidak makin memanas.

"Intinya tugas host di sini, bagaimana membuat debat ini berjalan baik, lancar, rukun, dan menarik," katanya.

Aiman mangaku akan tetap menjaga kenetralan dirinya meski harus menjalankan pembatasan-pembatasan dalam debat terbuka itu. Ia akan menjalankan peran sesuai yang telah disepakati dengan pihak penyelenggara, yakni KPU Jatim.

Pada acara Debat Publik Kedua Pilgub Jatim 2018 ini, Aiman akan menjadi moderator bersama dengan Aviani Malik, jurnalis sekaligus penyiar di stasiun televisi yang berbeda.(den/tna/ipg)
Editor: Iping Supingah



LAINNYA