SS TODAY

Dua Paslon Adu Solusi Isu Pertanian di Debat Publik Kedua

Laporan Ika Suryani Syarief | Selasa, 08 Mei 2018 | 21:06 WIB
Dua pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa-Emil Elistianto Dardak dan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno, di Dyandra Convention Center, Jalan Basuki Rahmat Surabaya, Selasa (8/5/2018) malam. Foto: Andri Haryanto Suara Surabaya
suarasurabaya.net - Dua pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa-Emil Elistianto Dardak dan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno, saling beradu program kerja dan solusi dalam bidang ekonomi dan pembangunan, yang menjadi tema debat publik kedua yang digelar di Dyandra Convention Center, Jalan Basuki Rahmat Surabaya, Selasa (8/5/2018) malam.

Andri Haryanto Suara Surabaya dari lokasi debat publik melaporkan, saat menjawab panelis Muhammad Hasan, Rektor Universitas Jember soal pertanian, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengatakan, sektor tersebut sangat penting di Jawa Timur. Erat kaitannya dengan ketahanan pangan.

Pihaknya akan memastikan produktifitas hasil pertanian, membuat petaninya sejahtera dan memastikan terpenuhinya kebutuhan rakyat.

"Dunia pertanian jadi pilar di jatim selain industri olahan. Jadi yang terpenting meningkatkan produktivitasnya," ujar Gus Ipul, dihadapan panelis.

Sementara Emil Dardak juga merespon permasalahan sektor pertanian, satu diantaranya adalah harga beras yang anjlok waktu musim panen tiba. Bagaimana pemimpin daerah bisa memastikan supaya tidak terjadi over produksi, supaya tidak merugikan petani. Dengan programnya, Super Koridor, diharapkan petani bisa mendapat informasi sektor pangan apa yang bisa ditanam petani.

Soal kredit, Emil menilai masih banyak masalah soal akses petani untuk mendapatkan pinjaman modal pertanian. Penguatan gapoktan juga sangat diperlukan, untuk mendukung penguatan para petani di Jatim.(and/iss/ipg)

Editor: Iping Supingah



LAINNYA