SS TODAY

Khofifah Mempertanyakan Janji Kampanye Gus Ipul Soal Pengangguran

Laporan Ika Suryani Syarief | Selasa, 08 Mei 2018 | 22:01 WIB
Debat Publik Kedua Pilgub Jatim 2018 di Dyandra Convention Center, Surabaya, Selasa (8/5/2018) malam. Foto: Youtube
suarasurabaya.net - Dua pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, saling mengajukan pertanyaan kepada rivalnya Kedua Pilgub Jatim 2018 di Dyandra Convention Center, Jalan Basuki Rahmat, Surabaya, Selasa (8/5/2018) malam,

Khofifah Indar Parawansa mempertanyakan program "Pak Kardiman" yang diusung Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno. Menurut Khofifah, angka pengangguran sangat tinggi. Namun, Gus Ipul dalam programnya menjanjikan mampu mengurangi jumlah pengangguran sebanyak 750.000 orang per tahun. Sementara angka pengangguran pernah tercatat sebanyak 870.000 orang.

Mendapat pertanyaan itu, Gus Ipul mengaku tenaga kerja bisa terserap maksimal dari nilai investasi sebesar Rp127 triliun di tahun 2017. Angka ini dari data Dinas Penanaman Modal Provinsi Jawa Timur. Selain itu, pihaknya akan mendorong anak muda juga menciptakan lapangan kerja.

Seolah tidak puas mendengar jawaban Gus Ipul, Andri Haryanto Suara Surabaya dari lokasi debat publik melaporkan, Mantan Menteri Sosial era Pemerintahan Joko Widodo ini kembali memaparkan angka pengurangan pengangguran dari BPS. Misalnya di tahun 2016 ke tahun 2017, hanya 0,04 persen.

Sesi adu argumen menjadi sesi yang cukup menarik dalam debat kali ini. Bahkan berulangkali moderator, Aiman Witjaksono dan Aviani Malik, tampak kesulitan menenangkan tim sukses dua kubu yang hadir dalam venue debat. (and/iss/ipg)
Editor: Iping Supingah



LAINNYA