SS TODAY

Soekarwo: Masyarakat Tetap Tenang, Polri dan TNI Akan Jaga Keamanan di Jatim

Laporan Ika Suryani Syarief | Senin, 14 Mei 2018 | 14:03 WIB
Dr. H. Soekarwo Gubernur Jawa Timur saat mengudara di Radio Suara Surabaya. Foto: Dok. suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Dr. H. Soekarwo Gubernur Jawa Timur menegaskan bahwa Polri dan TNI akan menjaga betul keamanan dan kenyamanan Jawa Timur hari ini dan ke depan. Oleh karena itu, diharapkannya masyarakat Jawa Timur untuk tetap tenang dan melakukan aktivitas seperti biasa.

Penegasan tsb disampaikannya menjawab pertanyaan media mengenai adanya serangkaian ledakan bom di Surabaya, usai Rapat Terbatas Dengan Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di jajaran Pemprov. Jatim, di gedung negara Grahadi, Jl. Gubernur Suryo 7 Surabaya, Senin (14/5/108).

Dijelaskan, peledakan bom di beberapa tempat di Surabaya tsb sebagai dampak dari rasa marahnya kelompok teroris di Mako Brimob beberapa waktu lalu. "Tetapi sekarang sudah terkendali," ujarnya sambil menambahkan gerak teroris saat ini semakin sempit atau tidak ada, yang karenanya menggunakan anak dan istri sebagai alatnya.

Pakde Karwo menambahkan para ahli strategi tentang terorisme sudah memperkirakan dimanfaatkan anak dan istri untuk mencapai tujuan para teroris ini. Pertimbangannya, supaya informasi tidak bocor dan soliditas terjaga. "Istri dan anak dijanjikan surga dan mereka diajak ke surga bersama-sama," ujarnya prihatin atas pelibatan perempuan dan anak-anak tersebut.

Pemprov Jatim adalah garda depan penanganan korban terorisme ini. Gereja-gereja yang rusak akan diperbaiki Pemprov. Jatim, demikian pula kesehatan para korban terorisme. Sedangkan kerusakan sepeda motor akan dikoordinasikan dengan Pemkot Surabaya. Hal tersebut sesuai pembicaraan Presiden dengan dirinya dan Wali Kota Surabaya sehari sebelumnya.

"Anak-anak korban yang masih bersekolah, secara prinsip dibantu Pemerintah, dengan prinsip dasar Pemprov Jatim yang melakukan pengaturan," ujarnya.

Terkait hal ini, dirinya juga akan membuka ruang dialog dengan masyarakat. Misalnya, dialog interaktif dengan masyarakat di Radio Suara Surabaya hari Selasa (15/5/2018) pukul 07.00-08.00 WIB. Selain itu, dialog interaktif juga akan dilakukannya di JTV.(iss)


LAINNYA