SS TODAY

Kronologi 8 Korban Jiwa Terjebak dalam Kebakaran di Kebalen Kulon

Laporan Zumrotul Abidin | Selasa, 29 Mei 2018 | 20:01 WIB
Petugas PMK saat memadamkan api di rumah kos yang terbakar di Kebalen Kulon Gang II Nomor 9, Selasa (29/5/2018) sore. Foto: Istimewa
suarasurabaya.net - AKBP Antonius Agus Rahmanto Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya mengatakan, korban jiwa dalam peristiwa kebakaran di sebuah rumah kos Jl. Kebalen Kulon Gang 2 No 9 berjumlah 8 orang yang terjebak di satu ruangan.

Delapan orang ini terdiri dari satu bayi, tiga orang yang juga masih anak-anak dan empat orang dewasa. Jenazah korban telah dilarikan ke RSUD Dr Soetomo Surabaya untuk dilakukan identifikasi.

Agus mengatakan, 8 korban jiwa ini ditemukan saat proses pemadaman selesai sekitar pukul 14.30 WIB. Titik api timbul dari dari kamar lantai dasar, kemudian api membesar sehingga para penghuni di atas terjebak tidak bisa turun melalui tangga yang merupakan satu satunya akses keluar.

"Korban meninggal ini tidak bisa turun karena tangga sudah tertutup api tersebut. Beberapa saksi ada yang lompat dari jendela kamar atas dan yang sisanya terjebak mengakibatkan meninggal," ujarnya di lokasi.

Agus mengatakan, data sementara korban selamat ada 12 orang yang tersebar di beberapa rumah sakit. Tim Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya masih menyisir para korban untuk didata.

"Kita pastikan nanti identitasnya, ada saksi yang berhasil selamat, ada beberapa korban selamat di Rumah Sakit PHC dan RSUD Soewandhi dirawat dulu lukanya," katanya.

Rumah kos berantai dua ini milik Haji Hadirin. Di kos tersebut perpenghuni 20 orang dengan rincian di kamar atas ada empat kamar dan di lantai bawah ada 2 kamar.

"Pemilik kos masih dimintai keterangan di Polres Pelabuhan Tanjung Surabaya," katanya. (bid/iss/ipg)
Editor: Iping Supingah