SS TODAY

Delapan Jenazah Korban Kebakaran di Kebalen Kulon Berhasil Diidentifikasi

Laporan Anggi Widya Permani | Rabu, 30 Mei 2018 | 16:30 WIB
Salah satu jenazah korban kebakaran di Kebalen Kulon Surabaya. Foto: Anggi suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Delapan jenazah korban kebakaran di rumah kos di Kebalen Kulon Surabaya, telah berhasil diidentifikasi, Rabu (30/5/2018).

AKBP Antonius Agus Rahmanto Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya mengatakan berkat data primer dan sekunder yang telah terkumpul, proses identifikasi jenazah, berlangsung cepat.

Hasil identifikasi jenazah korban, dibacakan langsung oleh Abdul Aziz Kepala Instalasi Kedokteran Forensik dan Medikolegal RSUD Dr. Soetomo. Adapun delapan korban yang berhasil diidentifikasi, sebagai berikut:

1. Probo Sutejo Hartanto, Laki-laki (31)
2. Apriliyanti Soeselisa, Perempuan (36)
3. Prasetyan Hartanto, Laki-laki (7)
4. Prabowo Oktavianus Hartanto, Laki-laki (8)
5. Tina Rismayanti, Perempuan (30)
6. Rizky Bintang Pratama, Laki-laki (2 bulan)
7. Novi Surya Pratiwi, Perempuan (25)
8. Andita Putri Khairunnisa, Perempuan (2)

Agus menambahkan selesainya proses identifikasi tersebut, pihak keluarga sudah bisa langsung mengambilnya untuk segera dimakamkan.

"Dari keluarga bisa mengambil jenazah, nanti secara teknis bisa diselesaikan di ruang jenazah," kata Agus.

Selain itu, Prof Soeky Efran Kusuma Staf Medik Fungsional Forensik RSUD Dr. Soetomo mengungkapkan bahwa, proses identifikasi pada delapan jenazah korban itu, sangat terbantu oleh data sekunder dari pihak keluarga. Misalnya, foto terakhir kondisi gigi korban, pada saat senyum.

"Untuk yang datang ke tim antemortem itu keluarga. Kalau bisa jangan tangan kosong. Apalagi kondisi para korban ini, terbakar dan sulit dikenali. Satu-satunya cara yaitu dengan gigi atau tes DNA. Tapi dalam hal ini, gigi yang paling ampuh. Kemudahan itu bisa terbantu dengan adanya foto terakhir kondisi gigi korban, misal saat senyum," pungkasnya. (ang/dwi)