SS TODAY

Jelang Mudik, Terminal Purabaya Siapkan 150 Bus Tambahan

Laporan Anggi Widya Permani | Sabtu, 02 Juni 2018 | 19:52 WIB
Situasi di ruang tunggu penumpang Terminal Purabaya, Jumat (30/3/2018) siang. Foto: Anggi suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Persiapan mudik Lebaran 2018, Terminal Purabaya akan menyiapkan sekitar 150 armada bus tambahan. Hardjo Kepala Sub Unit Pelaksana Terminal (UPT) Purabaya mengatakan, ratusan bus tambahan itu akan siap mengantarkan penumpang dengan tujuan jarak dekat maupun jarak jauh.

Untuk angkutan jarak dekat, lanjut Hardjo, dirinya telah berkoordinasi dengan pihak Damri. Sementara untuk bus jarak jauh akan dilayani menggunakan bus pariwisata.

"Kalau persiapan masih sama seperti tahun sebelumnya. Ada bus tambahan sekitar 150 unit yang akan melayani tujuan jarak pendek maupun jarak jauh," kata Hardjo di Terminal Purabaya, Sabtu (2/6/2018).

Hardjo memprediksi, jumlah penumpang pada lebaran tahun ini mengalami peningkatan sebesar 2 hingga 3 persen dari tahun sebelumnya. Pada puncak arus mudik dengan lonjakan penumpang diprediksi hingga mencapai 73.000 penumpang. Sementara pada tahun lalu, jumlah penumpang hanya mencapai 71.800.

"Kami prediksi ada kenaikan 2-3% dari tahun kemarin, terutama pada puncak arus mudik, pasti meningkat pesat," tambahnya.

Untuk pengamanan arus mudik, lanjut Hardjo, pihaknya akan menyiapkan 40 personel gabungan dari pihak kepolisian, brimob dan koramil. Jumlah personel pengamanan itu lebih banyak dari hari biasanya, yang hanya sekitar delapan personel.

"Pengamanan mudik ditambah juga. Jadi kalau hari biasa itu sekitar 8 personil, kalau lebaran bisa sampai 40 personil dari bantuan keamanan," jelasnya. (ang/tna)
Editor: Zumrotul Abidin



LAINNYA