SS TODAY

Empat Jembatan Harapan Pengurai Mengkreng Saat Mudik Lebaran 2018

Laporan Zumrotul Abidin | Senin, 04 Juni 2018 | 12:26 WIB
Ilustrasi. Kemacetan lalu lintas yang terpantau di Jalur Mengkreng. Foto: Ary via e100
suarasurabaya.net - Ruas jalan tol Solo-Kertosono (Soker) dipastikan bisa digunakan fungsional saat mudik lebaran 2018. Untuk ruas Kertosono-Wilangan, para pemudik akan melewati 22 jembatan yang diselesaikan khusus untuk mudik.

Indra Rismawansyah PPK jalan tol Solo-Kertosono mengatakan, ruas Bandar-Wilangan sepanjang 38 kilometer terdapat 22 jembatan yang ditarget selesai saat lebaran. Sekarang ini sudah 21 jembatan yang selesai dicor. Tinggal satu lagi yakni jembatan Besuk yang masih dalam pengerjaan yang ditarget baru tanggal 8 Juni bisa dilewati. Kalau sebelum tanggal 8 tol sudah dibuka, pengendara bisa pakai jembatan belli atau jembatan darurat sepanjang 3,5 meter khusus untuk mobil kecil.

"Kalau dari arah Surabaya, jembatan Besuk ini posisinya 200 meter setelah jembatan Kali Kunto. Kalau nanti dipaksakan sebelum tanggal 8 dibuka, maka ada jembatan darurat kami siapkan," katanya.

Indra mengatakan, pembukaan ruas Bandar Kedungmulyo-Wilangan ini diharapkan bisa mengurai kepadatan di simpang Mengkreng dan sejumlah kepadatan di perlintasan kereta api.

Para pemudik yang dari tol Mojokerto-Bandar bisa langsung lurus saja hingga ke Wilangan dan Nganjuk. Pemudik akan melewati jembatan Kali Kunto, Jembatan Besuk, Jembatan Bekikis, jembatan Brantas, Sampai ke Wilangan-Nganjuk.

"Kami merekomendasikan dari Surabaya ke Mojokerto lurus ke Bandar dan lurus sampai Wilangan. Nanti bisa keluar di Wilangan atau Nganjuk di Ring Road," kata Indra.

Indra mengatakan, seluruh pemudik harus berhati-hati saat melintasi tol fungsional. Kecepatan rata-rata harus 40 kilometer perjam. (bid/dwi/rst)
Editor: Restu Indah



LAINNYA