SS TODAY

Tips Meninggalkan Rumah dengan Aman

Laporan Zumrotul Abidin | Kamis, 07 Juni 2018 | 10:05 WIB
Ilustrasi. Grafis: Gana suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Eddy Christijanto Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Perlindungan Masyarakat (BPB Linmas) Surabaya memberikan beberapa tips aman saat akan meninggalkan rumah untuk mudik lebaran.

Beberapa tips itu adalah:

1. Mengunci pintu dan jendela rumah saat akan meninggalkan rumah.
2. Menyalakan lampu di beberapa bagian rumah.
3. Jika punya CCTV dan alarm optimalkan.
4. Cabut seluruh peralatan rumah, mulai gas kompor, pompa air, dan peralatan listrik yang tidak digunakan.
5. Titipkan hewan peliharaan.
6. Sebelum meninggalkan rumah laporkan kepergian Anda kepada ketua RT/RW serta tetangga terdekat.

Eddy mengatakan, bahwa untuk tahun ini, pelaksanaan takbir keliling di Kota Surabaya akan ditiadakan, hal ini untuk mengantisipasi adanya kecelakaan lalu lintas dan untuk menjaga ketertiban Kota Surabaya. Selain itu, menurutnya, selama libur lebaran pihaknya juga akan melakukan pengamanan di tempat-tempat ibadah.

"Nanti takbir keliling akan difokuskan di masjid-masjid. Nanti kami juga akan dibackup teman-teman dari kepolisian dan TNI, untuk pengamanan tempat-tempat ibadah," kata Eddy, Kamis (7/6/2018).

Menyambut libur panjang selama lebaran, pihaknya juga akan mengoptimalkan layanan 112, dengan melakukan penambahan pada shift kerja. Selain itu, posko terpadu yang berada di barat, timur, selatan dan utara akan terus bersiaga penuh selama 24 jam.

"Kami sekarang tambah satu posko di eks Kantor Kecamatan Dukuh Pakis, untuk membackup di daerah-daerah yang dianggap rawan, seperti jalan Mayjend Sungkono dan Lontar," katanya. (bid/dwi/ipg)
Editor: Iping Supingah



LAINNYA