SS TODAY

Langkah Pemkot untuk Persiapan Libur Lebaran

Laporan Zumrotul Abidin | Kamis, 07 Juni 2018 | 08:40 WIB
Eddy Christijanto Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Perlindungan Masyarakat Surabaya dan Irvan Wahyudrajad Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya jumpa pers imbauan libur panjang lebaran. Foto: Abidin suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya telah menyiapkan beberapa langkah dalam menjaga suasana Kota Surabaya agar tetap kondusif selama libur lebaran 2018. Pemkot telah mengeluarkan surat edaran kepada 31 kecamatan dan lurah-lurah untuk mengajak bersama-sama menjaga Kota Surabaya.

Eddy Christijanto Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Perlindungan Masyarakat (BPB Linmas) Surabaya mengatakan dalam menyambut datangnya libur panjang selama lebaran, Pemkot Surabaya telah menyiapkan beberapa langkah. Diantaranya telah meminta kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Surabaya, untuk mengamankan kantornya terlebih dahulu.

"Kita punya aplikasi E-piket yang dikelola oleh BKD (Badan Kepegawaian Daerah). Ini untuk memastikan bahwa di kantor itu aman," kata dia, saat menggelar jumpa pers di kantor bagian Humas Pemkot Surabaya, Kamis (7/6/2018).

Eddy mengatakan, seluruh kendaraan dinas, kecuali kendaraan operasional ditempatkan (parkir) di Taman Surya, Jimerto dan Siola.Hingga tanggal 20 Juni tidak boleh ada satu kendaraan dinas pun yang digunakan, apalagi dibuat untuk mudik lebaran.

Menurut Eddy, pada Hari Jumat, (8/6/2018) pukul 16.00 WIB, akan ada apel gelar pasukan pengamanan lebaran dan libur panjang di Taman Surya.

Sementara itu, Irvan Wahyudrajad Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya menambahkan dalam menyambut datangnya libur panjang selama lebaran, dan mengantisipasi adanya kemacetan di beberapa titik Kota Surabaya, Dishub Surabaya telah menyiagakan penuh jajarannya, dengan menyiapkan beberapa lokasi parkir untuk mengantisipasi kemacetan kota.

"Kami mengantisipasi kemungkinan kebutuhan ruang parkir yang kurang seperti di KBS (Kebun Binatang Surabaya), Kenjeran, dan mall-mall di Surabaya," kata dia.

Disamping itu, untuk mengantisipasi adanya kecelakaan selama lebaran, pihaknya juga akan melakukan ram cek pada angkutan mudik. Hal ini bertujuan untuk menjamin keselamatan masyarakat saat akan melakukan perjalanan.

"Nanti (kendaraan) ada stickernya yang telah dilakukan ram cek. Setiap kendaraan yang keluar dari terminal dalam kondisi layak jalan, Jadi kita ingin menjamin keselamatan penumpang," katanya. (bid/dwi/ipg)
Editor: Iping Supingah



LAINNYA