SS TODAY
Info Mudik

Soekarwo Inginkan Pendekatan Humanis dalam Pengamanan Angkutan Lebaran

Laporan Anggi Widya Permani | Sabtu, 09 Juni 2018 | 13:47 WIB
Soekarwo Gubernur Jatim menginginkan pelaksanaan dan pengamanan angkutan Lebaran 2018 bisa menerapkan pendekatan humanis kepada masyarakat, Sabtu (9/6/2018). Foto: Anggi suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Soekarwo Gubernur Jatim menginginkan pelaksanaan dan pengamanan angkutan Lebaran 2018, bisa menerapkan pendekatan humanis kepada masyarakat. Lewat pendekatan itulah, kata Soekarwo, yang dikedepankan bukan lagi soal penindakan, melainkan lebih mengajak masyarakat untuk turut terlibat dalam memikirkan keselamatan bersama.

Terutama saat berada di jalanan, yang rentan sekali menimbulkan emosi. Menurut Soekarwo, emosi bisa menganggu keselamatan diri sendiri dan juga orang lain. Untuk itu, dia berharap ke depan sudah tidak lagi menggunakan cara keras untuk saling mengingatkan pengemudi.

"Yang saya inginkan bukan pelaksanaan rutinnya. Tapi adanya pendekatan humanis yang diterapkan dalam pelaksanaannya, untuk mendorong masyarakat ikut peduli pada keselamatan bersama. Ketika memberi peringatan, tidak usah dengan teriak. Cukup dengan melambaikan tulisan hati-hati pada pengguna jalan. Saya rasa cara-cara seperti itu yang lebih menyentuh dan masuk dalam konsep partisipatoris," kata Soekarwo, Sabtu (9/6/2018).

Selain itu, Soekarwo juga meminta kepada setiap stake holder yang terlibat dalam pelaksanaan dan pengamanan angkutan Lebaran, agar mematangkan koordinasinya untuk mewujudkan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Semua petugas pelaksana harus bisa menyelesaikan tugas pokoknya masing-masing, agar tidak timbul overlaping.

"Semua aparat siap membantu. Saya berharap, semuanya bisa melaksanakan mudik dengan aman dan lancar. Terpenting, kesadaran tentang keselamatan bersama saat di jalan," kata dia. (ang/tna)
Editor: Ika Suryani Syarief



LAINNYA