SS TODAY
Info Mudik

H-5, 2.000 Kendaraan Melewati Ruas Wilangan-Kertosono

Laporan Zumrotul Abidin | Minggu, 10 Juni 2018 | 18:27 WIB
Pergerakan pemudik di Kertosono-Wilangan dari pantauan udara. Foto: Indra via redaksi suarasurabaya.net
suarasurabaya.net - Pada masa mudik di H-5 lebaran tercatat sudah ada sebanyak kurang lebih 2.000 kendaraan melintas di tol fungsional Wilangan-Kertosono, Minggu (10/6/2018).

Indra Rismawansyah Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Proyek Tol Solo-Kertosono 2 mengatakan, kondisi lalu lintas lancar. Pengendara agak mengurangi kecepatan saat di jalan yang beda tinggi dan perpindahan jalur.

"Sehari ini, tidak ada insiden berarti, hanya masalah kendaraan seperti bannya bermasalah," katanya kepada suarasurabaya.net.

Menurut Indra, pantauan beberapa exit tol juga lancar namun hanya ada antrean sedikit di exit Wilangan. Ini dikarenakan ada kepadatan volume di jalan nasional Surabaya-Madiun. Selain itu, di jalan nasional itu banyak perlintasan kereta api.

"Terpantau sedikit antrean di Wilangan karena ada peningkatan volume di jalan nasional yang menuju ke Nganjuk atau Madiun. Jalan di situ kan cukup ramai dan banyak perlintasan kereta api juga," katanya.

Bagi para pengendara yang melintas di ruas Wilangan-Kertosono ini bisa memilih exit tol untuk keluar sesuai tujuan. Kalau mau ke Nganjuk dan Kediri bisa keluar di exit Ring Road Nganjuk. Namun jika ingin ke Madiun bisa terus lurus ke Tol Solo-Ngawi yang sudah operasional dan bisa keluar di exit Caruban dan exit Madiun.

"Tetap waspada jaga konsentrasi dan maksimal kecepatan 40Km/jam," katanya.

Peningkatan jumlah pemudik di ruas Wilangan-Kertosono ini diprediksi H-2 dan H-1. Sebab, tol fungsional ini sebagai alternatif pemecah kepadatan di Simpang Mengkreng yang dari tahun ke tahun mengalami kemacetan di H-2 lebaran.

"Menurut Kepolisian selain hari Sabtu dan Minggu ini, puncak pemudik akan terjadi di H-2 dan H-1 karena limpahan dari mengkreng yang terjadi peningkatan volume," ujarnya. (bid/tna)
Editor: Denza Perdana



LAINNYA