SS TODAY
Info Mudik

BI: Penukaran Uang di Rest Area Tol Mencapai Rp600-700 Juta per Hari

Laporan Anggi Widya Permani | Minggu, 10 Juni 2018 | 20:28 WIB
Layanan penukaran uang baru di rest area jalan tol di Jatim yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia Kantor Perwakilan Jawa Timur. Penukaran uang di rest area jalan tol akan berakhir besok, Senin (11/6/2018). Foto: Istimewa
suarasurabaya.net - Bank Indonesia Kantor Perwakilan Jawa Timur segera mengakhiri pelayanan penukaran uang di rest area jalan tol di Jawa Timur besok, Senin (11/6/2018).

Yudi Harymukti Deputi Kepala Perwakilan BI Provinsi Jawa Timur mengatakan penukaran uang di rest area tol ini sudah berlangsung sejak tiga hari lalu, yang dibuka mulai pukul 09.00 WIB sampai pukul 13.00 WIB setiap harinya.

Menurutnya, masyarakat pemudik menyambut layanan ini dengan cukup baik. Pengguna tol yang berhenti di rest area tidak sedikit yang memanfaatkan layanan ini dengan antusias.

Masyarakat pemudik di Jawa Timur masih bisa memanfaatkan layanan ini sampai besok. Jam buka layanan tetap sama. Besok Senin pukul 13.00 WIB, atau sampai modal yang disiapkan habis, BI akan secara resmi menutup layanan ini.

Masyarakat bisa mengakses layanan ini di tiga lokasi. Antara lain di Surabaya-Gempol kilometer 262, Tol Surabaya-Mojokerto di rest area exit tol Waru Gunung, dan rest area Tol Surabaya-Jombang arah balik ke Surabaya.

Sistem dan nominal penukaran uang masih sama seperti yang digelar BI sebelumnya, yaitu dengan sistem paket maksimal Rp3,7 juta untuk pecahan Rp20.000, Rp10.000, Rp5.000, dan Rp2.000.

"Antusiasme masyarakat selama ini cukup tinggi. Walaupun memang ada kecenderungan untuk penukaran di pecahan tertentu. Rata-rata modal yang keluar mencapai 600-700 juta untuk masing-masing area setiap harinya," kata Yudi kepada suarasurabaya.net, Minggu (10/6/2018).

BI Perwakilan Provinsi Jawa Timur, kata Yudi, selama tiga hari layanan ini menyiapkan modal untuk masing-masing lokasi penukaran uang mencapai Rp1 miliar per hari.

Jumlah modal untuk penukaran uang baru di rest area tol ini menjadi bagian dari modal yang disiapkan BI Jatim khusus untuk penukaran uang di berbagai lokasi di Jawa Timur yang mencapai Rp15 miliar.

Yudi mengimbau agar masyarakat pemudik melakukan penukaran uang di lokasi layanan yang telah disediakan oleh Bank Indonesia atau di lokasi-lokasi yang telah ditunjuk oleh Bank Indonesia.

"Dengan banyaknya layanan penukaran yang telah disiapkan, kami menghimbau masyarakat untuk dapat menukarkan uangnya di outlet resmi yang telah tersedia" katanya.

Yudi menjelaskan, layanan di rest area tol ini merupakan inovasi BI Perwakilan Jawa Timur pada 2018 mengingat kebutuhan masyarakat terhadap uang kartal yang makin meningkat. (ang/den)
Editor: Denza Perdana



LAINNYA