SS TODAY
Info Mudik

Alami Kontraksi Kehamilan, Pemudik Kapal Labobar Dievakuasi

Laporan Zumrotul Abidin | Senin, 11 Juni 2018 | 11:11 WIB
Seorang pemudik Kapal Labobar dievakuasi karena mengalami kontraksi. Foto: Istimewa
suarasurabaya.net - Dari ribuan penumpang Kapal Labobar Balikpapan-Surabaya yang turun di Gapura Surya Nusantara Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, ada seorang ibu hamil yang harus dievakuasi karena mengalami kontraksi.

Elisa Hambali (31) dievakuasi menggunakan tandu oleh petugas medis kapal yang dibantu anggota pramuka. Elisa langsung dilarikan ke Rumah Sakit PHC Surabaya untuk mendapatkan perawatan.

Dr Syaiful Adam SVP Medical RS PHC mengatakan, menurut hasil pemeriksaan Elisa mengalami kontraksi di usia kehamilan 39 minggu. Tensi Elisa juga sempat tinggi, tapi kondisi janin masih stabil.

"Ibu Elisa mengalami kontraksi sejak pukul 02.00 WIB dan mulai ada flek darah sejak pukul 06.00 WIB. Alhamdulillah kondisi janin baik-baik saja, dan Bu Elisa yang tensinya sempat tinggi juga berangsur stabil," ujarnya kepada suarasurabaya.net, Senin (11/6/2018).

Adam mengatakan, warga Perum Pondok Asri Sidoarjo itu akhirnya bersedia dirawat atau opname di RS PHC.

"Sebelumnya, pihak PHC menawarkan apakah bersedia dirawat di PHC atau disediakan ambulance untuk diantar ke Sidoarjo, tapi keluarga Elisa sepakat untuk opname di PHC," katanya.

Sekadar diketahui, sekitar 4953 ribu penumpang dari Balikpapan, Kalimantan Timur itu tiba di GSN Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya sekitar pukul 07.30 WIB. Setelah itu, ribuan penumpang tersebut disediakan bus gratis menuju ke berbagai Kota/Kabupaten yang ada di Jawa Timur.

Progam mudik gratis ini merupakan progam Mudik Gratis Bersama BUMN Pelindo III yang digelar mulai 1 Juni hingga 14 Juni 2018.

Ari Askhara CEO PT Pelindo III mengatakan, untuk mudik gratis ini pihaknya menyediakan puluhan bus untuk 15 tujuan di Jawa Timur dan Jawa Tengah.

"Kita sediakan 83 bus bolak-bolik untuk 14 ribu penumpang. Dengan 15 tujuan di Jawa Timur dan Jawa Tengah," kata Ari Askhara saat pemberangkatan mudik bareng BUMN Pelindo III. (bid/dwi)
Editor: Dwi Yuli Handayani



LAINNYA